Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Art Therapy untuk Mereduksi Kejenuhan Belajar Siswa

Korinta Rosenila Christadila, Tyas Martika Anggriana, Noviyanti Kartika Dewi

Abstract


Kejenuhan belajar adalah kondisi di mana ketika seseorang merasakan kelelahan emosi, kelelahan fisik, depersonalisasi/rasa sinis terhadap aktivitas pembelajaran, dan menurunnya motivasi belajar sehingga tidak dapat menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik art therapy untuk mereduksi kejenuhan belajar siswa kelas XI di SMAN 4 Madiun. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttest dengan populasi 260 siswa. Sampel penelitian sebanyak 6 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis yaitu Uji Wilcoxon dengan bantuan aplikasi SPSS Versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest sebesar 82% berada pada kategori sangat tinggi dan skor rata-rata posttest sebesar 49% berada pada kategori sedang. Dari hasil perbandingan skor rata-rata pretest dan posttest terdapat perubahan yang signifikan, yaitu terjadinya penurunan skor rata-rata sebesar 33% setelah diberikan layanan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan kelompok dengan teknik art therapy efektif dalam mereduksi kejenuhan belajar siswa kelas XI SMAN 4 Madiun.

Abstract
Burnout academic is a condition in which a person feels emotional fatigue, physical fatigue, depersonalization/cynicism towards learning activities, and decreased motivation to learn so that they cannot complete their tasks properly. This study aims to determine the effectiveness of art therapy technique group guidance services to reduce burnout academic of grade XI students at SMAN 4 Madiun. This type of research is a quantitative experiment with a one-group pretest-posttest research design with a population of 260 students. The research sample was 6 students. In this study, a hypothesis test was used, namely the Wilcoxon Test with the help of the SPSS Version 26 application. The results of this study show that the average score of the pretest of 82% is in the very high category and the average score of the posttest of 43% is in the medium category. From the results of the comparison of the average score of the pretest and posttest, there was a significant change, namely a decrease in the average score of 33% after being given the service. So it can be concluded that the application of group guidance with art therapy techniques is effective in reducing the burnout academic of grade XI students of SMAN 4 Madiun

Keywords


Art Therapy Techniques Group Guidance, Burnout Academic

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi aksara.

Ashari, Istirahayu, I., & Fitriyadi, S. (2021). Konseling Kelompok Dalam Menurunkan Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 44–48. https://doi.org/10.31960/konseling.v2i2.691

Asyifa, I. N., Surur, N., & Susilo, A. T. (2022). Studi Kepustakaan Penerapan Art Therapy dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 5(2), 54. https://doi.org/10.20961/jpk.v5i2.52091

Galis, E. E. (2023). Hubungan Work Life Balance Dengan Burnout Pada Karyawan PT . X. Character : Jurnal Penelitian Psikologi, 10(03), 888–898.

Hamidah, W., Asep, |, & Falah, M. (2023). Analisis Indikator Keberhasilan Proses Terapi Seni Sebagai Alternatif Metode Penyembuhan Kesehatan Mental. Jurnal ATRAT , 11(2), 194–204.

Hikmawati, F. (2018). Metodologi Penelitian. In Analytical Biochemistry (Vol. 11, Issue 1). Rajawali Pers.

Juwardani, I. A. N., Magfiroh, N. H., & Isriyah, M. (2024). Efektivitas Teknik Relaksasi Progresif Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Pada Siswa Kelas XI (TKJ) Di SMK Negeri 5 Jember. Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Mulitkultural, 2(1), 63–71.

Kadafi, A., Alfaiz, A., Ramli, M., Asri, D. N., & Finayanti, J. (2021). The Impact of Islamic Counseling Intervention towards Students’ Mindfulness and Anxiety during the COVID-19 Pandemic. Islamic Guidance and Counseling Journal, 4(1), 55–66. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/igcj.v4i1.1018

Khusumawati, Z. E., & Christiana, E. (2018). Penerapan Kombinasi Antara Teknik Relaksasi dan Self-Instruction untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMAN 22 Surabaya. Bk Unesa, 5(1), 8.

Linda, F., & Putri, A. M. (2022). Model bimbingan kelompok dengan art therapy untuk mereduksi stres akademik mahasiswa mengikuti perkuliahan daring dalam kondisi pandemi (Covid-19). JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(1), 53. https://doi.org/10.29210/020221460

Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas UIN Sunan Kalijaga.

Malchiodi, C. A. (2003). Handbook of Art Therapy. Guilford Publications.

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan penelitian eksperimen beserta analisis statistik dengan spss. Deepublish.

Rahma, R. O., Rahmawati, V., & Setyawan, A. (2022). Pengaruh Kejenuhan Terhadap Konsentrasi Belajar dan Cara Mengatasinya pada Peserta Didik di SDN 1 Pandan. JURNAL PANCAR: Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar, 6(2), 242–250.

Rahman, D. H. (2020). Validasi School Burnout Inventory versi Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(2), 85–93. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i2.32579

Sabri, S. F., Yakub, E., & Umari, T. (2024). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Art Therapy dalam Mengatasi Burnout Akademik Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2554–2557. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4097


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: