Implementasi pendekatan Cognitive Behavior Therapy terhadap peningkatan perilaku prososial sebagai nilai budaya masyarakat Pemalang

Intan Herfidawati

Abstract


Pendekatan Cognitive Behavior Therapi merupakan pendekatan konseling yang berfokus pada terapi kognitif berupa keyakinan, asumsi dan sikap sedangkan terapi behavior berupa perilaku-perilaku yang menyimpang. Sehingga Pendekatan Cognitive Behavior Therapi lebih maksimal untuk meningkatkan perilaku prososial. Perilaku prososial merupakan salah satu bentuk perilaku yang muncul dalam kontak sosial seperti menolong, berbagi, jujur, kerjasama, gotong rotong, saling menghargai dan sebagainya yang merupakan perilaku turun temurun yang telah diajarkan oleh para leluhur terdahulu dan kemudian menjadi suatu kebiasaan. Berkaitan dengan pemikiran, kebiasaan, dan hasil karya cipta manusia yang merupakan suatu hal yang dianggap baik atau buruk bagi kehidupan, kebiasaan tersebut menjadikan suatu nilai budaya yang ada dalam kehidupan masyarakat yang dimana perilaku tersebut merupakan perilaku yang positif. Pendekatan Cognitive Behavior Therapi menentukan konseli untuk menemukan perilaku akhir yang yang sesuai dengan nilai budaya dan keyakinan yang berada di dalam suatu masyarakat

 

Cognitive behavior therapy is a counseling approach that focus on cognitive therapy like beliefe, assumption and attitude while behavior therapy like attitudes that diverge. With the result cognitive behavior therapy more maximal to increase prosocial behavior. Prosocial behavior is one of behavior that appear in social contact like helping, sharing, honest, cooperation, mutal cooperation, respect each other, etc that  for generations behavior which already taught by ancestors and then become a habit. Based on the consideration, habit, and  the idea of human that something good or bad for a life, the habit become a culture value that there is in a live of society which that behavior is positive. Cognitive Behavior Therapy establish counseling to find finally behavior that appropriate with the culture value and beliefs that be in the society.

Keywords


Pendekatan Cognitive Behavior Therapi, Perilaku Prososial, Nilai Budaya

Full Text:

PDF

References


Aridhona, Julia. 2018. Hubungan Perilaku Prososial dan Religiusitas dengan Moral pada Remaja. Jurnal Konselor. Volume & Nomor 1: 21-25.

Desmita Y. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Disik. Bandung: PT Remaja Posdakarya.

Emi. 2017. Nilai Moral Dan Nilai Budaya Dalam Novel Kelopak Cinta Kelabu Karya Suhairi Rachmad Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Smp. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 7 Nomor 1 : 69-84.

Guo, Tuan. 2017. The Influence of Social Support on the Prosocial Behavior of College Students: The Mediating Effect based on Interpersonal Trust. Jurnal English Language Teaching. Volume 10 Nomor 12 : 158-163.

Harefah, Kurniawan & Endang Sri Indrawati. 2014. Perbedaan Perilaku Prososial Siswa Madrasah Aliyah (MA) Berbasis Pondok Pesantren Dan Sekolah Menengah Umum (SMU). Jurnal Empati Fakultas Psikologi UNDIP. Volume 3 Nomor 3 : 1-11.

Lestari, Rini. 2016. Transmisi Nilai Prososial pada Remaja Jawa. Jurnal Indigenous. Volume 1 Nomor 2: 33-44.

Nurrohman, Heru. 2014. Program Bimbingan Dan Konseling Berbasis Nilai-Nilai Budaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan LPPM Universitas Pendidikan Indonesia . Volume 14 no 1 : 42-53.

Rukesi, 2017. Nilai Budaya Dalam Mantra Bercocok Tanam Padi Di Desa Ronggo, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Jawa Tengah: Kajian Fungsi Sastra. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya. Volume 1 Nomor 1 : 25-45.

Sa’dah, Fibriana Miftahus dan Iman Kania R. 2015. Konsep Bimbingan dan Konseling Cognitive Behavior Therapy (CBT) dengan pendekatan Islam untuk Meningkatkan Sikap Altruisme Siswa. Jurnal Hisbah. Volume 12 Nomor 2: 49-59.

Shoaakazemi, Mehrangiz., Mehravar Momeni Javid., & Fariba EbrahimiTazekand. 2014. The Effect of Cognitive Behavioral Therapy on Reduction of Obsessive-Compulsive Disorder Symptoms in Girl Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 159 :738 – 742.

Setiawan, MS., Neka Erlyanin, dan Rooswita Santia Dewi. 2016. Peranan Social Loafing Terhadap Perilaku Prososial Buruh Perusahaan Air Mineral X. Jurnal Ecopsy. Volume 3 Nomo3: 127-132.

Van De Vyver, J & Abrams, D. 2017. The Arts as a Catalyst For Human Prosociality and Cooperation. Jurnal Social Psychological and Personality Science. Volume 1 Nomor 2: 1-11.

Widyastuti, Y. 2014. Psikologi Sosial. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wilding, Christine dan Aileen Milne. 2013. Cognitive Behavior Therapy. Jakarta: Indeks.

Yunus, Rasid. 2013. Transformasi Nilai-nilai Budaya Lokal sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Penelitian Pendidikan Jurnal Penelitian Pendidikan LPPM Universitas Pendidikan Indonesia. Volume 13 Nomor 1: 67-79.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: