Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi

Awanis Hajidah Inarah, Tyas Martika Anggriana, Ernu Watiyuni Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling) yang dilakukan sebanyak dua kali siklus dengan layanan bimbingan kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Kawedanan Tahun Ajaran 2022/2023. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terjadinya peningkatan konsentrasi belajar pada 5 siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Kawedanan dengan hasil rata-rata skort es pada pretest sebesar 54,3. Kemudian setelah diberi perlakukan pada siklus I, kembali melakukan tes dengan hasil skor rata-rata sebesar 72,3. Pada siklus ke II peneliti memberikan perlakukan kembali melalui layanan bimbingan kelompok dan juga siswa melakukan tes  yang ketiga menunjukkan hasil nilai rata-rata siswa sebesar 84,3. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Kawedanan

Keywords


Konsentrasi Belajar, Bimbingan Kelompok, Permainan Simulasi

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Khoiru lif dan Sofan Amri. 2011. PAIKEM GEMBROT (Mengembangkan Pelajaran Aktif, Inovatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot). Jakarta: PT. Prestasi Pustaka Raya.

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fadillah. 2017. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Geldard, Kathryn & Geldard, David. 2012. Konseling Anak-anak. Jakarta: Indeks.

Hasibuan, JJ & Moedjiono. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ismail, A. 2009. Education Games. Yogyakarta: Pro U-Media.

Jannah, R dkk. 2016. Pengembangan Permainan Simulasi Keterbukaan Diri Untuk Siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. 1(2)

Juntika, dkk. 2008. Panduan Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah. Bandung: UPI.

Kadafi, A., Ramatus, M. R., & Desy, R. N. K. (2018). Upaya Menurunkan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa melalui Bimbingan Kelompok Islami. Jurnal EDUKASI (Media Kajian Bimbingan Dan Konseling), 4(2), 181–193. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/3882

Kuswana,Wowo Sunaryo. 2011. Taksonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lestari I. 2012. Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 1 (2), 89-94

Muliawan. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Muryanto, H., Kadafi, A., Trisnani, R. P., & Fitriani, V. Y. (2013). Aplikasi Game Simulation untuk Mereduksi Kecemasan Siswa dalam Menghadapi UN Kelas IX SMP Negeri I Dagangan. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2). https://doi.org/http://doi.org/10.25273/counsellia.v3i2.249

Nindya Aryani, Wasidi, Afifatus Sholihah. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah BK. 1(5)

Noor Ifansyah. (2019). Meningkatkan konsentrasi belajar siswa dengan bimbingan Klasikal metode project based learning SMA Negeri 6 Barabai. Jurnal Inovasi BK. 2(1)

Nursalim, M. 2013. Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Akademia Permata.

Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Tri Mindari dan Supriyo. (2015). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan. Jurnal of Guidance and Counseling. 4(2)

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan kualitatif, kuantitatif dan RnD. Alvabeta cv.

Supriyono. 2008. Studi Kasus Bimbingan dan Konseling. Semarang. Swadaya Publishing


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: