Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa melalui Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama

Shelia Esti Kusuma, Tyas Martika Anggriana, Siti Sofiah

Abstract


Kepercayaan diri merupakan kesadaran individu mengenai kemampuan dan kekuatan yang ada pada dirinya, yakin akan adanya rasa percaya dalam dirinya, merasa puas terhadap dirinya, dapat betindak dengan pasti serta memiliki kendali dalam mencapai tujuan yang diharapkannya. Rasa percaya diri sangat penting dimiliki oleh setiap individu terutama siswa agar proses pembelajaran dan interaksi sosialnya berjalan dengan maksimal. Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di Kelas VII B SMPN 1 Maospati ditemukan bahwa terdapat siswa yang memiliki tingkat percaya diri rendah dibuktikan dengan terlihat malu, tidak berani mengemukakan pendapat, tidak berani tampil di depan kelas dan sulit memulai berinteraksi dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Metode penelitian yang digunakan adalah PTBK dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Maospati pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023 dengan subjek 4 siswa kelas VII B yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dengan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Hal tersebut dibuktikan peningkatan pada setiap siklusnya yaitu pada siklus 1 seluruh siswa belum bisa meningkatkan kepercayaan diri dan pada siklus 2 seluruh siswa sudah bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Keywords


Kepercayaan Diri, Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama

Full Text:

PDF

References


Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–168.

Arianti, S., Gumilang, G. S., & Hanggara, G. S. (2022). Meningkatkan Percaya Diri (Self Confidence) Menggunakan Sosiodrama. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 2, 122–131.

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.717

Dewi, D. M., Supriyo, & Suharso. (2013). Kepercayaan Diri Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua Pada Siswa Kelas VII (Studi Kasus). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(4), 9–16.

Djannah, W., & Yulita, A. (2011). Teknik sosiodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII B SMP Kristen 1 Surakarta Tahun Pembelajaran 2011/2012. Jurnal Artikel, 1, 166–185.

Febrianti, S. D. A. (2021). Menstimulasi Tingkat Kepercayaan Diri Pada Anak Dengan Metode Bermain Peran. Albanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–18.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182

Kadafi, A. (2016). Efektivitas Bimbingan Kelompok Islami untuk Meningkatkan Aspirasi Karir Mahasiswa. Universitas Ahmad Dahlan, 5(1), 43–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4482

Lumban, G. P., Khumaedi, M., & Masrukan. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Percaya Diri pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 63–70.

Ningsis, L., Wicaksono, L., & Purwanti, P. (2019). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Dengan Teknik Sosiodrama Di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1–8.

Nurkidam, A. (2016). Hubungan Antara Gaya Belajar Dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Studi Pendidikan, 16(10), 39–41.

Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMA Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM METRO, I(1), 100–111.

Pratiwi, D. A., Budiono, A. N., & Mutakin, F. (2019). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama. JURNAL CONSULENZA: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(1), 1–6.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Suryani, C. D. (2019). Peningkatan Kepercayaan Diri melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X PS2 SMK Negeri 1 Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3), 252–269. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.14997

Tanjung, Z., & Amelia, S. H. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000

Widoyoko, R. D. T. (2019). Faktor Percaya Diri Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Prakerta (Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran Bahasa Indonesia), 1(02), 210–217.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: