Pengaruh Permainan Bowling Modifikasi terhadap Kemampuan Membilang Anak Usia 4-5 Tahun

Aulia Mahdalena, Sofia Nur Afifah, Hermawati Dwi Susari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah permainan bowling modifikasi berpengaruh terhadap kemampuan membilang anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilakukan di RA Lazuardi Yusro Desa Sundul Magetan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Desain penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Eksperiment Design menggunakan jenis non-equivalent control group design. Jumlah sampel pada penelitian in yaitu, kelompok kelas eksperimen berjumlah 20 anak dan kelompok kelas kontrol 20 anak. Menggunakan penilaian pre-test dan post-test. Dari hipotesis didapatkan hasil perbandingan sebelum dilakukan kemampuan membilang dengan media permainan bowling nilai rata-rata 29,08% dan sesudah dilakukan gambaran dan kemampuan membilang dengan menggunakan media permainan bowling rata-rata 33,85%. Hasil uji statistik uji analisis bivariat didapatkan nilai signifikansi P Value 0,006 < 0,05 sehingga Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh dari pemberian media bowling terhadap kemampuan membilang anak usia 4-5 tahun pada Ra Lazuardi Yusro Desa Sundul Kabupaten Magetan

Keywords


Anak Usia Dini, Kemampuan Membilang, Permainan Bowling Modifikasi

Full Text:

PDF

References


Fauzia, W. (2022). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Sulawesi Tengah : CV. Feniks Muda Sejahtera. ISBN : 978-623-8048-38-0.

Hanifah & Hasanah. (2019). Pengaruh Permainan Lompat Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Rambipuji Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Innclisive Education). Volume 2 Nomor 2. p-ISSN : 2614-443387 e-ISSN 42599-2759.

Khadijah & Armanila. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Medan : Perdana Publishing. ISBN 978-602-6462-93-0.

Purnama, S, dkk. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. ISBN 978-602-446-318-2.

Permendikbud. (2014). No. 137 Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Republik Indonesia.

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Jakarta : Kencana. ISBN 978-6233-218-997-3 E-ISBN 978-623-218-998-0.

Siswanto, I. (2008). Mendidik Anak dengan Permainan Kreatif. Yoyakarta : ANDI (Penerbit Buku dan Majalah Rohani). ISBN : 979 763 988 6.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikann (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D). Bandung : ALFABETA.

Veronica, N. (2019). Kemampuan Mengelompokkan Benda Berdasrkan jenisnya (4-5Tahun). Surabaya : UM Surabaya Publishing. ISBN : 978-602-5786-74-7.

Yuliana, dkk. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce Kelompok B pada TK PKK To’Lemo Kabupaten Luwu. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 6 Nomor 2. P-ISSN : 2476-9363 e-ISSN : 2723-7613.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: