Meningkatkan Keseimbangan Anak Kelompok B melalui Permainan Tradisional Egrang Batok

Mei Rahayu Wijanarko

Abstract


Keseimbangan merupakan salah satu aspek sangat penting yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak utama ketika anak  mencapai tahap berjalan, dan berlari untuk dapat mempertahankan posisi tubuhnya. Stimulasi keseimbangan ini perlu diberikan kepada anak sejak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keseimbangan pada anak usia 5-6 tahun melalui permainan tradisional egrang batok di TK Al-Hidayah III Kota Madium. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B TK Al-Hidayah III Kelurahan Patihan, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Prvinsi Jawa Timur dengan menggunakan empat langkah dalam metode penelitian tindakan sekolah, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap refleksi. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan permainan tradisional egrang batok keseimbangan anak usia dini dapat meningkat. Keseimbangan dengan permainan egrang batok dilakukan setiap hari saat kegiatan pembelajaran maupun istirahat.

Keywords


Keseimbangan, egrang batok, peningkatan

References


Alfaiz, A., Andre, J., Fahriza, I., Rachmaniar, A., Dartina, V., & Kadafi, A. (2023). Pembelajaran yang menyenangkan: implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Terapan Abdimas, 8(1), 96–101. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jta.v8i1.13990

Apriliana, D. (2013). Mengembangkan Keseimbangan Melalui Bermain Papan Titian pada Anak Kelompok A di TKIT Bakti Insani Sleman Yogyakarta. Skripsi Program Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta, 19-20.

Devi, M. S. (2020). Penggunaan Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa dalam Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

Fitri, R., & Imansari, M. L. (2020). Permainan Karpet Engkle: Aktivitas Motorik untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1186-1198.

Indonesia, R. (2002). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002

Tentang Perlindungan Anak. Kementerian Pemberdayaan Perempuan, Republik Indonesia.

Kadafi, A., Anggriana, T. M., & Mahmudi, I. (2023). Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila Anak Usia Dini melalui Permainan Bermuatan Nilai Ajaran Samin. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2919–2928. https://mail.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2479

Kemendikbud, R. (2014). Standar isi tentang tingkat pencapaian perkembangan anak. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor, 137, 1-31.

Pratiwi, Y., & Kristanto, M. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar (Keseimbangan Tubuh) Anak Melalui Permainan Tradisional Engklek Di Kelompok B Tunas Rimba II Tahun Ajaran 2014/2015. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2 Oktober).

Rahim, A. F., Widodo, A., Fis, S., & Pudjianto, M. (2015). Pengaruh permainan tradisional egrang tempurung kelapa terhadap keseimbangan anak usia dini 4–6 tahun (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rahmawati, W., & Sulistyawan, A. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Terhadap Keseimbangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Ilmu Kesehatan (Jurnal Pikes), 1(1), 22-27.

Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak, 1(1), 114-130.

Utami, K. P. (2021). Permainan Tradisional Egrang Tempurung Kelapa Sebagai Latihan Keseimbangan Dinamis Pada Anak. Jurnal Sport Science, 11(1), 7-11.

TIA, N. (2022). Mengembangkan Kemampuan Kerjasama Anak Melalui Permainan Tradisional Di Tkanggrek Putihteluk Betung Selatan (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: