Upaya Mengurangi Perilaku Membolos melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Self Management

Siti Munasaroh, Tyas Martika Anggriana, Sukesi Sukesi

Abstract


Membolos adalah masalah yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik. Membolos sendiri adalah perilaku tidak hadir atau absensi yang illegal di kelas atau di sekolah. Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui berkurangnya perilaku membolos pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pace setelah melaksanakan konseling kelompok dengan teknik self managemen. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penilaian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang bersifat studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara dan observasi terhadap perilaku membolos yang dilakukan peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Pace

Keywords


Membolos, konselig kelompok, self managemen

Full Text:

PDF

References


Adhiputra, A.A., Ngurah. 2015. Konseling kelompok Perspektif Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Media Akademik.

Anitiara. 2016. Pengurangan Perilaku Membolos di Sekolah dengan Menggunakan Konseling kelompok pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kotabumi Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Program Studi Bimbngan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung

Asri, D. N., & Kadafi, A. (2020). Effects of self-instruction and time management techniques in group counseling to reduce academic procrastination. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 5(3), 112–121. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um001v5i32020p112

Gunarsa, Singgih dan Gunarsa, Singgih Yulia, 2008. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

Irawan Suhartono, Metodelogi Penelitian Sosial, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Kadafi, A., Pratama, B. D., Suharni, S., & Mahmudi, I. (2020). Mereduksi Perilaku Phubbing melalui Konseling Kelompok Realita Berbasis Islami. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 5(2), 31–34. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JBKI/article/view/1721

Komalasari, G. Wahyuni, E. dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta Barat: Indeks

Kumanto, M.E.2014. Konseling Kelompok. Bandung: Alfabet

Miles dan Hubermen, Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru, (Jakarta: UI Press, 1998)

Pratama, B. D., Kadafi, A., & Suharni. (2019). Meningkatkan Perilaku Prososial Mahasiswa melalui Konseling Kelompok Realita. Universitas PGRI Madiun.

Prayitno dan Erman Amti, Dasar-dasar Bimbingan Dan Konseling, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.

Prayitno dan Amti. E. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Setyowati, Yuli. 2004. Faktor-faktor Yang Melatarbelakangi perilaku Membolos Siswa Kelas 3 SMK PGRI 2 Salatiga Pada Bulan Juli- Oktober TahunAjaran 2003/2004. Skripsi Pendidikan Kewarganegaaraan Universitas Kristen Satya Wacana.

Suprapto, Metode Penelitian Ilmu Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Pengetahuan Sosial, (Yogyakarta: CAPS, 2013)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: