Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Siswa yang Mengalami Kecanduan Smartphone

Lailatul Khoiriyah, Dahlia Novarianing Asri, Asroful Kadafi

Abstract


Salah satu permasalahan yang dihadapi yaitu mengenai pengumpulan tugas-tugas yang seringkali tidak tepat waktu. Prokrastinasi akademik merupakan perilaku yang secara disengaja untuk menunda atau mengulur-ulur waktu dalam mengerjakan tugas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMK Gamaliel Madiun yang mengalami kecanduan Smartphone. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang memakai metode deskriptif dalam bentuk studi kasus. Subjek diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 4 subjek yang merupakan siswa Kelas X dan siswa kelas XI SMK Gamaliel Madiun dan guru BK SMK Gamaliel  Madiun. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat prokratinasi akademik pada siswa SMK Gamaliel Madiun, yang ditandai dengan sering terlambat mengumpulkan tugas. Selain itu terdapat prokratinasi akademik pada siswa yang mengalami kecanduan smartphone di SMK Gamaliel Madiun yang ditandai dengan  keterlambatan dalam menyelesaikan tugas, gagal dalam memanajemen waktu, ketidaksesuaian rencana dan tindakan dalam menyelesaikan tugas, perasaan yang tidak menyenangkan, Kurangnya kemampuan yang dimiliki, dan rasa takut akan gagal.

Abstract
One of the problems faced is regarding the collection of assignments which are often not on time. Academic procrastination is a deliberate behavior to delay or procrastinate in doing schoolwork. This study aims to describe the academic procrastination behavior of students at SMK Gamaliel Madiun who are addicted to Smartphones. This research is a qualitative research that uses a descriptive method in the form of a case study. Subjects were taken using purposive sampling technique as many as 4 subjects who were Class X students and class XI students at SMK Gamaliel Madiun and BK teachers at SMK Gamaliel  Madiun. Data collection techniques used are interviews. To test the validity of the data, the researchers used source triangulation. While the data analysis technique uses data reduction, display data and drawing conclusions. The results of this study indicate that there is academic procrastination in students of SMK Gamaliel Madiun, which is characterized by often being late in submitting assignments. In addition, there is academic procrastination in students who are addicted to smartphones at SMK Gamaliel Madiun which is characterized by delays in completing assignments, failure in time management, incompatibility of plans and actions in completing tasks, unpleasant feelings, lack of abilities, and fear of fail


Keywords


prokrastinasi akademik, kecanduan Smartphone

Full Text:

PDF

References


Asri & Dewi. (2014). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling IKIP PGRI Madiun Ditinjau Dari Efikasi Diri, Fear Of Fallure, Gaya Pengasuhan Orang Tua, Dan Iklim Akademik. Jurnal LPPM. (2), 33-35.

Asmarany Anugriaty. (2020). Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Remaja Broken Home Yang Mengalami Kecanduan Game Smartphone. Jurnal UG. Vol. 14 No. 3. Hal. 3-4.

Irnawaty & Agustang. (2019). Smartphone Addiction Pada Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makasar. Jurnal Sosiologi. Vol. 5 No. 1. Hal. 41-46.

Kadafi, A., Ramatus, M. R. and Desy, R. N. K. (2018) ‘Upaya Menurunkan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa melalui Bimbingan Kelompok Islami’, Jurnal EDUKASI (Media Kajian Bimbingan dan Konseling), 4(2), pp. 181–193. Available at: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/3882.

Kadafi, A., Ramatus, M. R. and Desy, R. N. K. (2019) ‘Internalisasi Nilai Religius dalam Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik’, in Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun. Madiun: LPPM Universitas PGRI Madiun, pp. 140–144. Available at: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/view/779.

Kustanti & Chintia. (2017). Hubungan Antara Konformitas Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Empati. Vol. 6 No. 2. Hal. 31-37.

Mulyati. (2018). Kecanduan Smartphone Ditinjau Dari Kontrol Diri dan Jenis Kelamin Pada Siswa SMA Mardisiswa Semarang. Jurnal Empati.Vol. 7 No. 4. Hal. 152-161.

Mukhtar Kamal. (2020). Upaya Guru Kelas Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di SD IT Al Kautsar Muhajirin Desa Jorowaru. Jurnal Al Ilmu. Vol. 2 No. 2. Hal. 43-44.

Nafeesa. (2018). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa Yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya.Vol.4 No. 1.Hal. 53-67.

Prizki dan Sari (2020). Kecanduan Gadget PadaSiswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Lahat. Jurnal Wahana Konseling. Vol. 3 No. 1, Hal. 14-18.

Wicaksono. (2017). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Prospektif. Vol. 2 No. 2. Hal. 67-73.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: