EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN CONTEXTUAL MODEL UNTUK MENGGURANGI PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA

Ega Salma Rimadani, Tyas Martika Anggriana, Beny Dwi Pratama

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penggunaan layanan bimbingan kelompok menggunakan Contextual Model untuk mengurangi perilaku konsumtif mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Semester VI Universitas PGRI Madiun. Metode penelitian yang dipilih adalah eksperimen dengan desain one group pretest-post test desaign. Teknik Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Mahasiswa Bimbingan dan Konseling semester VI Universitas PGRI Madiun, merupakan subjek yang terlibat dalam penelitian ini. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penurunan perilaku konsumtif mengalami perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik Contextual Model.

Abstract
This study aims to determine the effectiveness of the use of group guidance services using the Contextual Model to reduce the consumptive behavior of Guidance and Counseling students in Semester VI, PGRI Madiun University. The research method chosen was an experiment with a one group pretest-post test design. Sampling technique using purposive sampling. Guidance and Counseling students in semester VI, Universitas PGRI Madiun, are the subjects involved in this research. The results of the study can be concluded that the decrease in consumptive behavior experienced a significant difference before and after being given the Contextual Model technique group guidance services.

Keywords


Bimbingan Kelompok, Contextual Model, Perilaku Konsumtif

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineke Cipta.

Dwi Pratama, B. (2019). Peran Konselor dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Dengan Media Permainan Bentengan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 25. https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.792

Hasibuan, D. H. M. I., & Pd, M. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning). II(01), 1–12.

Kadafi, A., Pratama, B. D., & Adi, S. (2020). Implications of Realita Group Counseling for Improving Student Procial Behavior. 10(2), 151–158.

Khoirunnas. (2017). Pola Konsumtif Mahasiswa di Kota Pekanbaru. JOM FISIP, 4(1), 1–15.

Kurniawan, C. (2017). Analisis Kaktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Ekonomi Pada Mahasiswa. Media Wahana Ekonomika, 13(4), 107–118.

Nurhalimah, S. M. (2017). Analisis Dampak Pembangunan Pelabuhan Perikanan Pantai Di Tamperan Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Sekitar. Agrista, 5(1), 191–203.

Sihono, T. (2004). Contextual Teaching and Learning (CTL). DikanJurnal Ekonomi & Pendi, 1(1), 63–64.

Sugiyono. (2012). Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta.

Sumartono. (2002). Terperangkap Dalam Ikan. Alfabeta.

Surata, I. K., & Marhaeni, I. G. A. A. N. D. (2019). Pendekatan Contextual Teaching and Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (Lks) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi Contextual Teaching And Learning (CTL) Approaches Based On Student Worksheet To Improve Biolog. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 114–121. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/article/view/1135/824

Triyaningsih. (2011). Pengaruh Disiplin, Bimbingan dan Kegiatan MGMP Tehadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia. 5(1), 11-22


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: