PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK OLEH MAHASISWA DALAM MENEMUKAN IDE BISNIS DAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMIC COVID-19

Ro’yal Aina, Wilda Kamilia Fitri, Lu’lu’ul Jannah

Abstract


Aplikasi TikTok adalah aplikasi baru yang sedang digemari oleh mahasiswa. Sehingga peran aplikasi TikTok ini dalam kondisi pandemic covid-19 sangat berguna dalam mengatasi rasa bosan dan bermanfaat untuk mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan maupun dalam menemukan ide bisnis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh aplikasi TikTok terhadap ide bisnis dan pembelajaran daring. Sampel penelitian ini sebanyak 106 responden. Alat analisis adalah regresi dengan SPSS. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah aplikasi TikTok, ide bisnis dan pembelajaran daring. Hasil hipotesis pertama menyatakan bahwa aplikasi TikTok berpengaruh terhadap ide bisnis dan hasil hipotesis kedua menyatakan bahwa aplikasi TikTok berpengaruh terhadap pembelajaran daring.

 

Kata kunci: Aplikasi TikTok, Ide Bisnis, Media Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Aprilian, D., Elita, Y., & Afriyati, V. (2019). Hubungan antara Penggunaan Aplikasi Tiktok dengan Perilaku Narsisme pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah BK, 2(3), 220-228. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia

Ardiyanti, H., Kustandi, C., Cahyadi, A., & Elihami. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Daring Berbasis TikTok. JURNAL KOMUNIKASI PROFESIONAL, 5(3), 285-293.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring.

Budiyanti, E. (2020). Dampak virus corona terhadap sektor perdagangan dan pariwisata Indonesia. Info Singkat XII,(4).

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140-157.

Cahyani, N. M., Indriyanto, E., & Masripah, S. (2016). Uji Validitas dan Reabilitas Terhadap Implementasi Aplikasi Penjualan dan Pembelian. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS: Journal of Information System, 1(1), 21-34.

Dini, C., Putri T, E. E., Izzah, N., & Puspitasari, Y. E. (2021). Penggunaan Video Berbasis Tiktok Pada Pembelajaran Era Masyarakat Digital.

Fanaqi, C. (2021). Tiktok Sebagai Media Kreativitas di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Dakwah, 22(1), 105-130.

Firmansyah, M. A., & Roosmawarni, A. (2019). KEWIRAUSAHAAN (Dasar dan Konsep): Rafferty House.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S., (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 8(3).

Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan Media Sosial TikTok sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan di Indonesia untuk Mencegah Covid-19. Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70-80. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278.

Janti, S. (2014). Analisis validitas dan reliabilitas dengan skala likert terhadap pengembangan si/ti dalam penentuan pengambilan keputusan penerapan strategic planning pada industri garmen. PROSIDING SNAST, 155-160.

Kesuma, S., & Tamburian, D. (2021). Resepsi Remaja terhadap Konten @BotakTikTok di Media Sosial TikTok. Koneksi, 5(1).

Luisandrith, D. R., & Yanuartuti, S. (2020). Interdisiplin: Pembelajaran Seni Tari Melalui Aplikasi TikTok Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Seni Tari, 9(2), 175-180.

Massie, A. (2020). Kehadiran TikTok di Masa Pandemi (The Presence of TikTok in the Pandemic).

Nasip, I., & Sudarmaji, E. (2017). Model Bisnis Kanvas: Alat Untuk Mengidentifikasi Peluang Bisnis Baru Bagi Pengusaha UKM Indonesia. In 1st National Conference on Business and Entrepreneurship.

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212-224.

Puspitasari, A. C. D. D. (2021) Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Jarak jauh pada Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI, Jurnal Education. (7)3.

Rohmah, D. S., Aina, R., & Prasetyo, D. T. (2021). APAKAH PEMBELAJARAN JARAK JAUH MEMICU TERJADINYA CULTURE SHOCK PADA PESERTA DIDIK? SEBUAH STUDI LITERATUR. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 8(02), 131-140.

Ruth, D., & Candraningrum, D. A. (2020). Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram. Koneksi, 4(2), 207-214. http://dx.doi.org/10.24912/kn.v4i2.8093

Safitri, A. A., Ramadhany, A., & Irwansyah. (2021). Penerapan Teori Penetrasi Sosial pada Media Sosial: Pengaruh Pengungkapan Jati Diri melalui TikTok terhadap Penilaian Sosial. Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis, 3(1) DOI:https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.180

Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).

Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia METALINGUA, 5(1). DOI:https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072 .

Tauke, P. Y., Murni, S., & Tulung, J. E. (2017). Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan real estate and property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2015. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).

Wibowo, T., & Yudi, Y. (2021, September). Studi Penetrasi Aplikasi Media Sosial Tik-Tok Sebagai Media Pemasaran Digital: Studi Kasus Kota Batam. In Conference on Business, Social Sciences and Technology (CoNeScINTech), 1 (1), 662-669).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun