PENGARUH GREEN MARKETING, COUNTRY OF ORIGIN DAN LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN STARBUCKS DI KOTA MADIUN)

Prasasti Bella Ayu Puspita Sari, Rizal Ula Ananta Fauzi

Abstract


Meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap permasalahan lingkungan turut mempengaruhi dunia industri dalam menciptakan sebuah konsep pemasaran yang mengedepankan isu lingkungan dan kesehatan. Konsep ini dinamakan dengan green marketing. Starbucks merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan konsep green marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Green Marketing, Country Of Origin, dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Starbucks di Kota Madiun). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan software SPSS versi 25. Penelitian ini dilakukan pada konsumen Starbucks di Kota Madiun dengan menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling serta menggunakan rumus Rao Purba sehingga di peroleh sebanyak 384 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Menggunakan teknik analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas), uji hipotesis (uji analisis regresi linear berganda, uji T serta uji R square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Green Marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Country Of Origin memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Lifestyle memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

 

Kata Kunci: Green Marketing, Country Of Origin, Lifestyle, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Amin, A. M., & Yanti, R. F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin Dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1–14. Https://Doi.Org/10.55583/Invest.V2i1.111

Dahmiri, D., Hasbullah, H., & Sari, S. S. (2020). Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 9(1), 15–22. Https://Doi.Org/10.22437/Jmk.V9i1.9235

Dwipamurti, I. G. A. N., Mawardi, M. K., & Nuralam, I. P. (2018). The Effect Of Green Marketing On Brand Image And Purchase Decision (Study On Consumer Of Starbucks Café Ubud, Gianyar Bali). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 61(3), 57–64. Administrasibisnis.Studentjournal.Ub.Ac.Id

Fadhiilah, F. N., & Sunarti, S. (2018). Pengaruh Country Of Origin Terhadap Citra Merek Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 54(1), 111–119. Www.Statista.Com

Hasmayni, B., & Lumbanbatu, J. S. (2019). Gambaran Lifelifestyle Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Pengguna Iphone Di Universitas Medan Area. Jurnal TEKESNOS, 1(1), 9–16.

Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32. Https://Doi.Org/10.31602/Al-Kalam.V8i1.4156

Illa, M. T. S., Sidanti, H., & ... (2022). Pengaruh Green Marketing, Country Of Origin, Dan Lifestyle Terhadap Repurchase Intention Pada Produk Tupperware Di Kota …. SIMBA: Seminar Inovasi …, September. Http://Prosiding.Unipma.Ac.Id/Index.Php/SIMBA/Article/View/3294%0Ahttp://Prosiding.Unipma.Ac.Id/Index.Php/SIMBA/Article/Viewfile/3294/2642

Jodi, I. G. W. A. S. (2021). Pengaruh Green Marketing , Persepsi Harga Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt . Karya Pak Oles Tokcer Di Denpasar. Juima, 22(1), 42–52.

Kumadji, R. D. A., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2015). DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Survei Pada Konsumen Non-Member Tupperware Di Kota Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis, 22(2), 37–36.

Made, I., Moksaoka, W., & Rahyuda, I. K. (2016). Peran Brand Image Dalam Memediasi Country Of Origin Terhadap Purchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(3), 1690–1716.

Mongisidi, S. J., Sepang, J., Djurwati Soepeno, Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2019). Pengaruh Lifestyle Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike ( Studi Kasus Manado Town Square ). Emba, 7(3), 2949–2958.

Pertiwi, B. A. S., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Strategi Green Marketing Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Kaos Lokal Kerjodalu. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1376–1383. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jptn/Article/View/40332

Purwitasari, T., Yulianto, E., & ... (2018). PENGARUH MEREK DAN NEGARA ASAL (COUNTRY OF ORIGIN) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Mahasiwa Pengguna Oppo Atau Samsung …. Jurnal …. Http://Administrasibisnis.Studentjournal.Ub.Ac.Id/Index.Php/Jab/Article/View/2552

Puspitasari, C. A., Yuliati, L. N., & Afendi, F. (2021). Pengaruh Green Marketing, Kesadaran Lingkungan Dan Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Organik Melalui Sikap. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 7(3), 713–722. Https://Doi.Org/10.17358/Jabm.7.3.713

Putra, I. B. O. K., & Suprapti, N. W. S. (2019). Pengaruh Persepsi Asal Negara (Country Of Origin) Terhadap Niat Beli Yang Dimediasi Citra Merek. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5240. Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2019.V08.I08.P21

Rido Kurniawan, F. S. (2019). Pengaruh Life Style Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sepatu Merek Pladeo Di Basko Grand Mall Padang. Oxford University Press, 649.

Salam, A., & Sukiman, S. (2021). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Merek Aqua. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 69. Https://Doi.Org/10.32502/Jimn.V11i1.3427

Sari, V. E. (2019). Pengaruh E-Wom, Lifestyle, Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Ticket Online Booking Pada Situs Traveloka.Com Di Ponorogo (Studi Kasus Pembelian Tiket Pesawat Dan Kereta Api). Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 7(4), 474. Https://Doi.Org/10.54144/Jadbis.V7i4.2863

Susanti, F., & Saputra, D. (2022). Pengaruh Country Of Origin, Brand Image Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Nike Pada Siswa/I Smkn 1 Painan. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 1318–1331. Https://Doi.Org/10.46306/Vls.V2i2.161

Widelia, K., Yusiana, R., & Widodo, A. (2016). Pengaruh Green Marketing Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Keputusan Pembelian Produk Unilever (Studi Kasus Masyarakat Kota Bandung). Ecodemica, 3(2), 539–550. Http://Ejournal.Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index.Php/Ecodemica/Article/View/52

Yanthi, A. D., Hadi, P., & Astuti, M. (2020). Peran Korea Wave, Lifestyle Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian

Produk Innisfree. Prosiding Biema, 1(1), 179–195.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun