ANALISIS RELATIONSHIP MARKETING BANK UMUM KONVENSIONAL YANG TERDAFTAR DI LEMBAGA PENJAMIN SIMPANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH BANK (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Umum Konvensional di Kabupaten Magetan)

Ratu Aurora, Liliek Nur Sulistiyowati, Arifiansyah Saputra

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis Relationship Marketing Bank Umum Konvensional Yang Terdaftar Di Lembaga Penjamin Simpanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Umum Konvensional Di Kabupaten Magetan)”. Tujuan penelitian ini untuk menguji secara empiris pengaruh relationship marketing bank umum konvensional yang terdaftar di lembaga penjamin simpanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah bank di Kabupaten Magetan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Magetan dan diasumsikan bahwa pada penelitian ini tidak diketahui dan tidak terbatas jumlah masyarakatnya (infinite). Sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive sampling dengan memperoleh 384 sampel nasabah bank BCA, BNI, BRI, BTN, CIMB Niaga, dan Bank Mandiri di Kabupaten Magetan. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode kuantitatif yang diperoleh dari data kuesioner yang di isi oleh responden, sedangkan alat analisis menggunakan IBM SPSS 20. Analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis parsial (Uji t). Berdasarkan hasil dari Uji t, ditemukan bahwa variabel kepercayaan (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan (Y1) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Komitmen (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan  (Y1) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Familiarity (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan (Y1) dengan nilai 0,024. Kepercayaan (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas (Y2) dengan nilai 0,001. Komitmen (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas (Y2) dengan nilai 0,026, dan familiarity (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas (Y2) dengan nilai signifikansi 0,000.

 

Kata Kunci: Relationship Marketing, Trust, Commitment, Familiarity, Satisfaction, Loyalty



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun