ANALISIS EFEK KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI PRODUK DI INSTAGRAM (Studi Kasus Influencer @madiunngemil)

Awang Wahyu Setiawan, Rizal Ula Ananta Fauzi, Apriyanti Apriyanti

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin canggih dengan munculnya media sosial. Media sosial memberikan dampak yang baik terhadap pemasaran produk umkm. Penggunaan seorang influencer media sosial yang terpercaya dapat memberikan dampak yang baik terhadap pelaku umkm. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dari kredibilitas influencer terhadap minat beli produk di Instagram. Dalam hal ini kredibilitas influencer memiliki tiga dimensi yaitu Trustworthiness, Expertise dan Attractiveness sebagai variabel bebas dan Minat beli sebagai variabel tetap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif yaitu menjelaskan variabel yang diuji dengan pendekatan kuantittatif. Sampel yang diteliti sebanyak 400 responden dari pengguna instagram berdomisili di Madiun  yang berinteraksi dengan akun instagram @madiunngemil. Teknik pengambilan data dengan penyebaran kuesioner menggunakan aplikasi google form. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda.  Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah bahwa Trustworthyness (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk di Instagram, Expertise (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk di Instagram dan Attractiveness (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk di Instagram.

Kata Kunci:  Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Minat Beli


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun