PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK SKINCARE KOREA SELATAN DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT MADIUN)

Destria Suci Ayu Lestari

Abstract


Pada saat ini persaingan industri kosmetik yang sangat ketat di Indonesia menuntut para pembisnis atau distributor dari berbagi merek kosmetik impor untuk dapat menciptakan berbagai inovasi yang menarik agar dapat berlomba baik dengan kosmetik impor maupun kosmetik lokal. Pemasaran kosmetik impor harus mampu mendorong masyarakat untuk memberi perhatian terhadap kosmetik tersebut. Pemasar harus mampu menarik konsumen untuk melakukan pembelian, oleh karena itu pemasar harus mampu memahami perilaku konsumen. Dalam pembelian produk-produk kosmetik impor perilaku konsumen dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti, kualitas produk dan persepsi label halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikkan dari 2 variabel bebas (pengaruh kualitas produk dan persepsi label halal terhadap keputusan pembelian pada produk skincare Korea Selatan di Indonesia). Metode penelitian yang digunakan berupa metode deskriptif dengan pendekatn kuantitatif. Sample penelitian yang digunakan terdiri dari 100 responden yang diambil dari konsumen yang pernah menggunakan produk skincare Korea Selatan. Data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Pengujian empiris penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) kualitas produk dan persepsi label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 2) kualitas produk dan persepsi label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 3) persepsi label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Persepsi Label Halal, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun