PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HUBUNGAN PELANGGAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DIVISI SERVIS PT SBR NGAWI

Eka Ananda Firmansyah, Putri Oktovita Sari, Hendra Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, hubungan pelanggan dan komunikasi terhadap loyalitas pelanggan pada Divisi Servis PT Sumber Baru Rejeki Kabupaten Ngawi secara parsial maupun secara silmutan. Penelitian dilakukan terhadap 117 responden. Analisis data yang dipergunakan yakni regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS For Windows Versi 22.0. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. (2) Hubungan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.

(3) Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. (4) Kualitas pelayanan, hubungan pelanggan dan komunikasi berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Divisi Servis PT Sumber Baru Rejeki Kabupaten Ngawi.


Full Text:

PDF

References


Azizah, N., & Tuwisna. (2019). Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh (JIMMA) Edisi Jul – Des 2019 Vol. 9 N0. 2. 9(2), 1–20.

Fatihudin, D. (2012). Metode Penelitian Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi dari Teori ke Praktek. PPs UMSurabaya.

Felix, dkk. (2021). Customer relationship management. Digital Marketing Fundamentals: From Strategy to ROI, 427–470. https://doi.org/10.2307/j.ctv2hdrfj0.9

Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. CV. Alfabeta. Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi.

Salemba Empat.

Maulana, W., & Putri, dan D. L. P. (2018). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan XL Axiata Sampang. Makro, Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 3(2), 225–238.

Rahmawati, Y. O., Kusniawati, A., & Setiawan, I. (2019). Pengaruh Customer Reationship Managemet Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Sepeda Motor Yamaha (Studi pada Konsumen Bahana Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(4), 102–115.

Saktiyanto, T. (2017). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen Ahass Primadana Motor Pesanggaran – Banyuwangi. http://repository.unmuhjember.ac.id/1374/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun