PENGARUH SOSIALISASI PERPAJAKAN KESADARAN WAJIB PAJAK TARIF PAJAK DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR

Anggreni Wura Aprilyani, M. Agus Sudrajat, Anny Widiasmara

Abstract


The purpose of this study is to determine the effect of tax socialization, taxpayer awareness, tax rates, and tax sanctions on motor vehicle taxpayer compliance. This research was conducted at the One-Stop Administration Service Office (SAMSAT Office) of Magetan City. The number of samples in this study were 100 respondents with the sampling method using random sampling. Data collection was done through a questionnaire. The analysis technique used in this research was multiple linear regression. Based on the analysis, it can be seen that taxpayer awareness, tax sanctions have a positive effect on motor vehicle taxpayer compliance, tax rates have a negative effect on motor vehicle taxpayer compliance, and tax socialization has no effect on motor vehicle taxpayer compliance in Magetan City.
Keywords: tax socialization, taxpayer awareness, tax rates and tax sanctions, taxpayer compliance

Full Text:

PDF

References


Ananda, P. R. D., Kumadji, S., & Husaini, A. (2015). PENGARUH SOSIALISASI PERPAJAKAN, TARIF PAJAK, DAN PEMAHAMAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi pada UMKM yang Terdaftar sebagai Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu). Perpajakan, Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya.

Awaluddin, I., & Tamburaka, S. (2017). The Effect of Service Quality and Taxpayer Satisfaction on Compliance Payment Tax Motor Vehicles at Office One Roof System in Kendari. The International Journal of Engineering and Science (IJES). https://doi.org/10.9790/1813-0611012534

Ghozali, (2016) Aplikasi Analisis Multivariete dengan program IBM SPSS 23, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

http://pintar-sosiologi.blogspot.com/2015/05/sosialisasi.html diakses pada tanggal 30 April 2020

https://www.gurupendidikan.co.id/tarif-pajak/ diakses pada tanggal 02 Mei 2020

https://surabaya.tribunnews.com/2019/05/23/lebih-dekat-dan-mudah-bayar-pajak-kendaraan-polres-magetan-luncuran-samdes-di-kantor-desa-wates. diakses tanggal 29 april 2020 pukul 21.00

https://www.pajak.go.id/id/artikel/membangun-kesadaran-dan-kepedulian-sukarela-wajib-pajak diakses pada tanggal 29 april 2020 pukul 21.30

Ningsih, A. S. (2019). Pengaruh Pemahaman Peraturan Pajak, Tarif Pajak, Lingkungan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengguna E-Commerce. E-Jra.

Noerman Syah, A. L., & Wati, K. (2017). ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR ( STUDI EMPIRIS PADA KANTOR UPPD / SAMSAT BREBES ). Jurnal AKSI (Akuntansi Dan Sistem Informasi), 1(2), 65–77. https://doi.org/10.32486/aksi.v1i2.119

Putra, R. R. R., Handayani, S. R., & Topowijono. (2014). Pengaruh Sanksi Administrasi Sosialisasi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Penyampaian SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari, Kabupaten Malang). Jurnal E-Perpajakan.

Rara Susmita, P., & Supadmi, N. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PERPAJAKAN, BIAYA KEPATUHAN PAJAK, DAN PENERAPAN E-FILING PADA KEPATUHAN WAJIB PAJAK. E-Jurnal Akuntansi.

Siat, C. C., & Toly, A. A. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban membayar pajak. Accounting and Tax Review.

Sudiartana, I. M., & Mendra, N. P. Y. (2017). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak. Proceeding TEAM, 2, 184. https://doi.org/10.23887/team.Vol2.2017.170

Ummah, M. (2015). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Pengetahuan Perpajakan Dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kabupaten Semarang. Jurnal Ekonomi. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Wahyu Cahyadi, I., & Jati, I. (2016). PENGARUH KESADARAN, SOSIALISASI, AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK DAN SANKSI PERPAJAKAN PADA KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR. E-Jurnal Akuntansi.

Wardani, D. K., & Wati, E. (2018). PENGARUH SOSIALISASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kebumen). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19358

www.pajak.go.id diakses pada tanggal 30 April 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun