Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Isyarat Indonesia Bagi Penyandang Tunarungu Berbasis Multimedia

Dea Fidiyaningrum, Sekreningsih Nita, Fatim Nugrahanti

Abstract


Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan semakin krusial, terutama untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan kebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran yang interaktif berbasis multimedia untuk membantu anak penyandang tunarungu di SLB Panca Bhakti Magetan belajar Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO). Kemajuan teknologi memungkinkan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Dengan metode waterfall dan Adobe Flash Profesional CS6, media ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam mengenali huruf dan angka, serta memperbaiki kemampuan komunikasi mereka. Pengujian ini menggunakan metode pengujian Blackbox testing. Setelah dilakukan pengujian dengan Blackbox testing, output yang diperoleh dari sistem media pembelajaran interaktif berbasis multimedia pada bahasa isyarat bisindo sesuai dengan perencanaan atau berhasil Media pembelajaran interaktif ini diharapkan menjadi alat bantu efektif bagi guru, membuat proses belajar lebih dinamis dan menyenangkan.


References


Alkodri, A. A., Irawan, D., Studi, P., Informatika, T., Studi, P., Informasi, S., Studi, P., & Digital, B. (2023). Bekal kemampuan dasar dan strategi untuk bidang multimedia kesiapan kerja dan usaha tingkat smk. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) Universitas Baturaja, 2.

Apendi, S., Setianingsih, C., & Paryasto, M. W. (2023). Deteksi Bahasa Isyarat Sistem Isyarat Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Single Shot Multibox Detector | Apendi | eProceedings of Engineering. Vol 10, No 1, 10(1), 249–255. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/19322

Atika, I. N., & Malasari, P. N. (2022). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 BERBASIS PENDEKATAN. 3(3).

Dinka, S. P., Salsabilah, Z. P., & Nilawati, L. (2022). Penerapan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Berbasis Web. 2, 156–166.

Farwati, M. (2023). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web PADA Toko Fun’s Bouqet Ballon. 1(4), 215–226.

Fauzi, J. R. (2020). ALGORITMA DAN FLOWCHART DALAM MENYELESAIKAN SUATU MASALAH. 20330044.

Hasyim Nur’azizan, A., Riqza Ardiansyah, A., & Fernandis, R. (2024). Implementasi Deteksi Bahasa Isyarat Tangan Menggunakan OpenCV dan MediaPipe. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sains, 3, 331–337.

Hayati, M. (2023). Pengembangan Media Interaktif Bahasa Indonesia Kelas X pada Materi Puisi Berbasis Adobe Flash Professional CS6. 5(2), 69–80.

JH, A. R., & Prastowo, A. T. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Web Sistem Informasi Repository Laporan Pkl Siswa (Studi Kasus Smk N 1 Terbanggi Besar). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 26–31. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Komara, L., Rafi, A., & Tahtawi, A. (2022). Rancang Bangun Sistem Pengenalan Huruf dan Angka dalam Sistem Isyarat Bahasa Indonesia ( SIBI ) menggunakan Hand Pose Gesture.

Kwintiana, B., Haetami, A., Safar, M., Sa, S., & Fradi, J. (2023). Jurnal Informasi dan Teknologi Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Professional. 5(1), 1–2. https://doi.org/10.37034/jidt.v5i1.292

Masdar Limbong, Firmansyah, Fauzi Fahmi, & Rabiatul Khairiah. (2022). Sumber Belajar Berbasis Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 27–35. https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.27

Mintarsih, M. (2023). Pengujian Black Box Dengan Teknik Transition Pada Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Dengan Metode Waterfall Pada SMC Foundation. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 5(1), 33–35. https://doi.org/10.47233/jteksis.v5i1.727

Oktavian, R. B. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif IPA Sistem Pencernaan Menggunakan Adobe Flash Professional Berbasis Android Di SMPN 2 Balerejo. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi-2023 “Exploring the Intersection of Big Data, Cyber Security, and Human Behavior: Insights and Challenges,” 251–262.

Pakaya, R., Tapate, A. R., & Suleman, S. (2020). PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN HEWAN TERNAK UNTUK QURBAN DAN AQIQAH DENGAN METODE UNIFIED MODELING LANGUAGE ( UML ). 8(1), 31–40.

Permana, R., Abdilah, A., Fuad Nur Hasan, & Mahmud Syarif. (2023). Estimation Effort Pengembangan Software Inventory PT. Infinity Global Mandiri Menggunakan Metode Use Case Point. Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik Informatika Dan Komputer, 5(2), 73–84. https://doi.org/10.52005/restikom.v5i2.144

Putri, D. N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 365–376.

Rahmijati, E. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Melalui Penggunaan Multimedia. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1(1), 161–176.

Rian Nanda. (2023). Perancangan Aplikasi Tuna Wicara Dan Tuna Rungu Dengan Metode Waterfall Berbasis Android. JEKIN - Jurnal Teknik Informatika, 3(1), 20–30. https://doi.org/10.58794/jekin.v3i1.189

Sayuti, M., & Pandawara, J. (2023). Motion Graphic Media Pembelajaran Bahasa Isyarat Alfabet bagi Anak Tunarungu SDLB. Judikatif: Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, 5(1), 14–21. https://doi.org/10.35134/judikatif.v5i1.122

Suprianto, B., Alamsah, I., Afrizal, J., Khoiriyah, Rahayu, W., & Fauzi, A. (2023). Pengujian Website E-Learning Universitas Pamulang Menggunakan Metode Black Box Testing Equivalence Partitioning. OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer Dan Science, 2(5), 1338–1346.

Surahmat, A. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Penjualan Pada Percetakan Cubic Art. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1), 81–86. https://doi.org/10.36040/jati.v7i1.6064 Tuasamu, Z., M. Lewaru, N. A. I., Idris, M. R., Syafaat, A. B. N., Faradilla, F., Fadlan, M., Nadiva,

P., & Efendi, R. (2023). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Siklus Pendapatan Menggunakan DFD Dan Flowchart Pada Bisnis Porobico. Jurnal Bisnis Manajemen, 1(2), 495–510.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.