Rancang Bangun Media Pembelajaran IPA Berbasis Android Pada Siswa Kelas 7

Wisnu Aryo Putro, Inung Diah Kurniawati

Abstract


Dalam dunia pendidikan media pembelajaran memainkan peran yang sangat penting dalam mendukung para guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Perkembangan teknologi informasi telah menciptakan berbagai produk praktis yang dapat meningkatkan efektivitas dan optimalitas, terutama dalam konteks pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran IPA berbasis android untuk siswa kelas 7 SMPN 1 Karangrejo. Media pembelajaran ini difokuskan pada materi bumi dan tata surya. Metode pengembangan yang digunakan peneliti adalah ADDIE yang melibatkan beberapa tahap berurutan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Proses pengembangan menggunakan platform Unity untuk menciptakan aplikasi yang interaktif dan menarik bagi siswa. Aplikasi ini mencakup fitur-fitur seperti teks, gambar, dan video interaktif serta kuis untuk menguji pemahaman siswa. Implementasi dilakukan pada perangkat dengan sistem operasi minimal Android 5.0. Evaluasi efektivitas aplikasi dilakukan melalui evaluasi kuisoner. Pengujian menggunakan blackbox yang menunjukkan semua fitur berjalan dengan normal dan hasil evaluasi kuisoner siswa memberikan rating 4 dan 5 menunjukkan kepuasan mereka dalam menggunakan aplikasi ini serta dapat menjadi referensi bagi pengembangan media pembelajaran serupa di masa mendatang.

References


Alkurdi, A. A. H., & Bahzad Ahmed, H. (2022). Applications of Mixed Reality with Unity and Arduino. Academic Journal of Nawroz University, 11(3), 38–42. https://doi.org/10.25007/ajnu.v11n3a1388

Dwipayana, K., Wirawan, I. M. A., & Sindu, I. G. P. (2019). Go-Byar Based on Virtual Reality for the Learning Media of Gamelan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 25(2), 229–236. https://doi.org/10.21831/jptk.v25i2.26182

Ezza, I., Mulyana, D., & Maulana, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Unity Pada Peembelajaran Animasi 3D. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v9i2.41952

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Maulana, R., Firmansyah, Y., & Hairil. (2019). Sistem Informasi Pelayanan Donatur Pada Komunitas 1000 Guru Kalimantan Barat. Jurnal Informatika, Manajemen Dan Komputer, 11(2), 24–30.

Nana Sutrisna, G. (2022). Pengembangan Buku Siswa Berbasis Inkuiri Pada Materi IPA. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2859–2868.

Nasution, S., Nasution, A. H., & Hakim, A. L. (2019). Pembuatan Plugin Tile-Based Game Pada Unity 3D. It Journal Research and Development, 4(1), 46–60. https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol4(1).3517

Nizar, C. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Sewa Rumah Kost (E-Kost) Berbasis Website. Jurnal Sistem Informasi Dan Sains Teknologi, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31326/sistek.v3i1.852

Nuzulia, A. (2023). Bahan Ajar IPA Terpadu Kelas 7 Jilid 2. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Oktavian, R. B. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif IPA Sistem Pencernaan Menggunakan Adobe Flash Professional Berbasis Android Di SMPN 2 Balerejo. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi-2023 “Exploring the Intersection of Big Data, Cyber Security, and Human Behavior: Insights and Challenges,” 251–262.

Oktrilani, R., Delianti, V. I., Fajri, B. R., & Samala, A. D. (2023). Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Sistem Pernapasan Mata Pelajaran Biologi Kelas XI MIPA Tingkat SMA. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 79–86. https://doi.org/10.24036/javit.v3i2.156

Omer, M. A., Zeebaree, S. R. M., Sadeeq, M. A. M., Salim, B. W., Mohsin, S. x, Rashid, Z. N., & Haji, L. M. (2021). Efficiency of Malware Detection in Android System: A Survey. Asian Journal of Research in Computer Science, 7(4), 59–69. https://doi.org/10.9734/ajrcos/2021/v7i430189

Pagarra H & Syawaludin, dkk. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.

Pradibta, H., Nurhasan, U., Pratitis, E., & Krisiananda, K. (2021). Utilization of the Cube as a Medium for the Introduction of the English Alphabet for Preschoolers. Journal of Physics: Conference Series, 1908(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1908/1/012033

Puspita, W. S., Listiadi, A., & Kunci, K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Software Construct 3 Pada Mata Pelajaran Praktikum MYOB Accounting. 4(1), 35–47.

Putra, Y. M. D. (2022). Pengembangan Game Edukasi “Super Mathrio Bros” Berbasis Unity Sebagai Media Pembelajaran Berhitung. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 5(2), 261–269. https://doi.org/10.37792/jukanti.v5i2.760

Raharjo, B. (2022). Pemrograman Bahasa C#.

Rahmat Gunawan, Arif Maulana Yusuf, & Lysa Nopitasari. (2021). Rancang Bangun Sistem Presensi Mahasiswa Dengan Menggunakan Qr Code Berbasis Android. Jurnal Elektronika Dan Komputer, 14(1), 47–58. https://doi.org/10.51903/elkom.v14i1.369

Saleh & Syahruddin, dkk. (2023). Media Pembelajaran. https://repository.penerbiteureka.com/publications/563021/media-pembelajaran

Tarsini, I., & Anggraeni, R. (2024). Explore flowchart and pseudocode concepts in algorithms and programming. Indonesian Journal of Multidisciplinary Science, 3(5). https://doi.org/10.55324/ijoms.v3i5.807


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.