Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Huruf Hangeul Korea Berbasis Website

Vivi Lovita Sahri, Sekreningsih Nita, Fatim Nugrahanti

Abstract


Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Huruf Hangeul Korea berbasis Website dibuat bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dan menunjang pembelajaran yang menjadikan siswa lebih paham dengan materi dan cara penulisan huruf hangeul. Penelitian ini dibangun menggunakan Google Sites dengan menggunakan metode RAD (Rapid Application Development). Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran interaktif huruf Hangeul Korea berbasis website yang menyajikan beberapa menu yakni Alphabet Hangeul vokal, Alphabet Hangeul konsonan, cara penulisan, contoh, video, dan evaluasi. Pengujian sistem diuji menggunakan metode Black Box yang menghasilkan sistem yang berjalanan dengan normal dan pengujian kuesioner menghasilkan 90% pengguna sangat memahami dan setuju degan adanya media pembelajaran ini. Proses mengajar menjadi lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan siswa dalam belajar.

References


Akbar, R. F., & Nita, S. (2023). Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Android Pada SDN 1 Manisrejo Madiun. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi-2023, 529–538.

Al Faritsi, A., & Anardani, S. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf dan Angka pada PAUD berbasis android. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi-2022, 235–244.

Andika, F. C., Kurniawati, I. D., & Nita, S. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Website pada Prodi Teknik Informatika UNIPMA. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK), 2(1), 135–140.

Army Trilidia Devega,S.Kom., M. P. . (2022). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Aplikasi_Media_Pembelajaran/CpSbEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&pg=SL9-PA1&printsec=frontcover

Astuti, M. P. (2022). Aplikasi Pengolahan Data Letter C Berbasis Website Di Kantor Desa Kuwu Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi …, 597–606. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/2868%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/download/2868/2971

Cahya, K., Huda, N., Nita, S., & Novietasari, E. R. (2023). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi-2023 "Exploring the Intersection of Big Data, Cyber Security, Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Sekolah Dasar Berbasis Web. 357–364.

Dian Nur Septiyawati Putri, Fitriah Islamiah, Tyara Andini, A. M. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 367.

Dwi Mustika Kusumawardani, S. Kom., M. K., Darmansah, S. Kom., M. K., Sarah Astiti, S. Kom., M. M., M. Yoka Fathoni, S.Kom., M. K., Dandi Sunardi, S.Sos.l., M. K., & Sandhy Fernandez, S.Kom., M. K. (2023). Web Dasar Menggunakan HTML, CSS, JS, PHP dan Studi Kasus. https://www.google.co.id/books/edition/WEB_DASAR_Menggunakan_HTML_CSS_JS_PHP_da/o8a1EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=website merupakan&pg=PR1&printsec=frontcover

Hisham, A., Ahmed, A., Khaled, M., Abdullatif, N., & Kassem, S. (2021). Modelling of Crime Record Management System Using Unified Modeling Language. Ingenierie Des Systemes d’Information, 26(4), 365–373. https://doi.org/10.18280/ISI.260404

Ismail, B., Geris, M., Abdullatif, N., & Kassem, S. (2022). Modelling of 3rd Party Logistics Provider Using Unified Modelling Language. International Journal of Computing and Digital Systems, 13(1), 507–517. https://doi.org/10.12785/IJCDS/130142

Khuwarismi Ijtaba Robbuhu, A., & Surya Editya, A. (2023). Game Edukasi Matematika untuk Anak Sekolah Dasar Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD). Nusantara Computer and Design Review, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.55732/ncdr.v1i1.1055

Mamuriyah, N., & Jacky, J. (2021). Perancangan dan Pembuatan Alat untuk Mendeteksi Teks Hangul dan Inggris pada Menu Makanan Menggunakan metode OCR (Optical Character Recognition). Telcomatics, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.37253/telcomatics.v6i1.5054

Mariski. (2023). Kosakata dan Istilah Dalam Bahasa Korea Untuk Studi Akademis. In Bahasa Korea.

Martha, A., & Erlansyah, D. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Korea Berbasis Multimedia. Bina Darma Conference on Computer Science, 499–508.

Nita, S., & Kartikawati, S. (2020). Analysis of the Impact Narrative Algorithm Method, Pseudocode and Flowchart Towards Students Understanding of the Programming Algorithm Courses. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 835(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/835/1/012044

Oktavian, R. B. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif IPA Sistem Pencernaan Menggunakan Adobe Flash Professional Berbasis Android Di SMPN 2 Balerejo. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi-2023 “Exploring the Intersection of Big Data, Cyber Security, and Human Behavior: Insights and Challenges,” 251–262.

Purnomo, D. R., Kurniawati, I. D., & Sofyana STT, L. (2023). Design and Build a Quality Assurance Document Archiving Application Using the Rapid Application Development. Journal of Computer Networks, Architecture and High Performance Computing, 5(2), 544–551. https://doi.org/10.47709/cnahpc.v5i2.2521

Tabrani, M., Priyandaru, H., & -, S. (2021). Application of the Rapid Application Development Method To the Baznas Zakat Receipt Information System in Karawang. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 4(1), 78–84. https://doi.org/10.36378/jtos.v4i1.1365

Tarigan, A., Tongam E Panggabean, & Allwine. (2023). Animasi Media Pembelajaran Pengenalan Huruf dan Angka Berbasis Android (Studi Kasus : SDN 175740 Aeksiansimun). Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 17(1), 68–77. https://doi.org/10.35457/antivirus.v17i1.2834

Zalukhu, D. J., Karo-karo, P., & Faizah, N. M. (2023). Perancangan Aplikasi Kamus Bahasa Daerah Nias Berbasis Android dengan Metode Rapid Application Development ( RAD ) Menggunakan Android Studio. 1(1), 9–14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.