Rancang Bangun Sistem Monitoring Suhu Dan Kelembaban Ruang Transmisi TVRI Jawa Tengah Berbasis IoT

Agus Daryono, Agus Rianto, Jani Kusanti

Abstract


Penelitian ini dirancang dan dibangun untuk memonitoring kondisi suhu dan kelembaban ruang transmisi berbasis Internet of Things, yang lebih realtime dan lebih efisiensi waktu. Peralatan ini akan dirancang menggunakan 3 jenis Hardware yaitu : NodeMCU ESP 8266, Liquid Crystal Display 20x4 I2C, dan Sensor DHT-22. Sedangkan Software yang digunakan ada 2 yaitu : Software Arduino IDE sebagai pembuat program dan Software Thinger.io sebagai Cloud dan penampil data. Cara kerja perangkat ini adalah Sensor DHT-22 akan membaca kondisi suhu dan kelembaban ruang transmisi kemudian mengirimkan data ke NodeMCU ESP 8266 dan hasilnya akan ditampilkan di Liquid Crystal Display 20x4 I2C, secara bersamaan NodeMCU ESP 8266 akan menginisialisasi jaringan WiFi yang sudah dikonfigurasikan dan meampilkan pembacaan data suhu dan kelembaban ruang transmisi di Thinger.io melalui jaringan internet.


Full Text:

PDF

References


F. Arief Deswar and R. Pradana, “MONITORING SUHU PADA RUANG SERVER MENGGUNAKAN WEMOS D1 R1 BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT),” 2021.

S. Monitoring Suhu dan Kelembapan Pada Ruang Penyimpanan Roti Berbasis IOT Khozainuz Zuhri, A. Ihkwan, F. Fahurian, and K. Zuhri, “Sistem Monitoring Suhu dan Kelembapan Pada Ruang Penyimpanan Roti Berbasis Internet Of Thing (IOT),” 2021.

Agus Rianto. (2020). Perancangan Alat Deteksi Dini dan Monitoring Polusi Udara Berbasis Internet of Things (IoT). Seminar Nasional Hasil Penelitian.Universitas PGRI Semarang.Semarang, 153–164.

Rianto, A., & Kristiyono, R. (2020). Aplikasi Sensor HC-SR04 Untuk Mengukur Jarak Ketinggian Air Dengan Mikrokontrol Wemos D1 R2 Berbasis IoT (Internet of Things). Jurnal Teknika, 6, 141–148. https://jurnal.sttw.ac.id/index.php/jte

J. Sandro Saputra, P. Studi Rekayasa Sistem Komputer, and F. Teknologi Informasi Universitas Serang Raya, “PROTOTYPE SISTEM MONITORING SUHU DAN KELEMBABAN PADA KANDANG AYAM BROILER BERBASIS INTERNET OF THINGS,” vol. 7, no. 1, 2020.

R. Aulia Rahman, M. Muskhir, J. Hamka Air Tawar, and P. Indonesia, “Monitoring Pengontrolan Suhu dan Kelembaban Kumbung Jamur tiram,” 2021.

T. Kusuma and M. T. Mulia, “Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018 STMIK Atma Luhur Pangkalpinang,” 2018.

P. Menengah Mahir, “PENGENALAN ARDUINO √ Oleh : Feri Djuandi,” 2011. [Online]. Available: http://www.arobotineveryhome.com

A. D. Pangestu, F. Ardianto, and B. Alfaresi, “SISTEM MONITORING BEBAN LISTRIK BERBASIS ARDUINO NODEMCU ESP8266,” vol. 4, no. 1, 2019.

W. K. Raharja and R. Ramadhon, “PURWARUPA ALAT PENDETEKSI KEBAKARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN PLATFORM THINGER.IO PROTOTYPE OF REMOTE FIRE DETECTION USING THE THINGER.IO PLATFORM.”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.