Implementasi Sistem Informasi Desa Berbasis Web Menggunakan CodeIgniter

Rio Okta Irawan

Abstract


Memasuki kehidupan pada tahun 2023 ini, ilmu pengetahuan dan teknologi sangat bertumbuh dengan cepat. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dapat lebih mudah mendapatkan informasi. Namun tidak sedikit orang dalam mencari informasi yang didapatkan ternyata informasi yang tidak valid. Seperti halnya pada Desa Sukorejo, banyak masyarakat yang sudah menggunakan handphone untuk mencari informasi yang valid di desa tersebut namun masyarakat seringkali mendapatkan berita hoax di daerah Sukorejo. Dengan permasalahan tersebut penulis membangun sistem informasi desa berbasis web menggunakan Framework CodeIgniter. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah RAD. Perancangan dan pembuatan sistem berbasis website dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai databasenya. Dengan dirancang dan dibangunnya sistem informasi ini, maka dapat mempermudah dalam menginformasikan suatu berita atau mendapatkan berita yang valid di Desa Sukorejo. Selain itu dalam pengaduan masyarakat lebih mudah karena bisa dilakukan dengan sistem di sisi lain masyarakat mudah dalam pengurusan surat kelahiran dan surat kematian.

Full Text:

PDF

References


Endra, R.Y, et.al. (2021). Analisis Perbandingan Bahasa Pemrograman PHP Laravel dengan PHP Native pada Pengembangan Website. Expert J Manaj Sist Inf dan Teknol.

Sallaby, A.F & Kanedi, I. (2020). Perancangan Sistem Informasi Jadwal Dokter Menggunakan Framework Codeigniter. J Media Infotama.

Ronaldo, M & Pasha, D. (2021) Sistem Informasi Pengelolaan Data Santri Pondok Pesantren An-Ahl Berbasis Website.

Agustin, W, et al. (2021). Penguatan Pengelolaan Website Desa Untuk Meningkatkan Layanan Administrasi Kependudukan di Desa Pasir Baru Rokan Hulu.

Maharani, D, et,al. (2021). Penyuluhan Manfaat Menggunakan Internet dan Website Pada Masa.

Rozana, L & Musfikar, R. (2020). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi pengarsipan Surat Berbasis Web Pada Kantor Lurah Desa Dayah Tuha.

Torumpa N, Paemboman S, Apriyanto. Rancang Bangun Website Desa Bulolondong Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu.

Febriantoro, D & Suaidah. (2021). Perancangan Sistem Informasi Desa Pada Kecamatan Sendang Agung Menggunakan Extreme Programming.

Endra, R.Y, et.al. (2020). Perancangan Aplikasi Berbasis Web Pada System Aeroponik untuk Monitoring Nutrisi Menggunakan Framework CodeIgniter.

Ahmad, D. K, et.al. (2022) Arithmetic and Variables Operation in Hypertext Preprocessor ( PHP ).

Sallaby, A. F & Kanedi, I. Perancangan Sistem Informasi Jadwal Dokter Menggunakan Framework Codeigniter. J Media Infotama.

Sahi, A. (2020). Aplikasi Test Potensi Akademik Seleksi Saringan Masuk LP3I Berbasis WEB Online Menggunakan Framework CodeIgniter.

Yurindra, Y. (2021). Rancangan Prototype Layanan Pengaduan Masyarakat Melalui Kantor Desa Berbasis Android.

Ardhana P, Y, et.al . (2022). Web-Based Library Information System Using Rapid Application Development ( RAD ) Method at Qamarul Huda University.

Chrismanto, A. R, et.al. (2019). Developing Agriculture Land Mapping using Rapid Application Development ( RAD ): A Case Study from Indonesia.

Senbekov, M, et al. (2020). The recent progress and applications of digital technologies in healthcare: A review.

Rabiman, R, et.al (2020). Design and development E-learning system by learning management system (Lms) in vocational education.

Saad, N & Muniandi, M. (2021). The Reflections on the using of Oracle Data Modeler in Creating Entity Relationship Diagram (ERD).

Yulia, N. (2019). Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. hal. 19–21.

Wahyuningtyas, R. D. (2021). Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Berbasis Web SLIMS hal. 7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.