Implementation Of Design Thinking Process “Sila” Social Media Self Development Indonesia

Dimas Setiawan, Syamsu Yoga Maarief

Abstract


Pengembangan diri merupakan hal penting untuk menjadi pribadi yang produktif di era berkembangnya teknologi. pengembangan diri menjadi potensi dan kesiapan diri, yang harus dimiliki oleh setiap manusia dalam menghadapi perkembangan teknologi komunikasi. “SILA” Sosial Media Self Development Indonesia merupakan aplikasi pengembangan diri berbasis sosial yang dikhususkan untuk generasi muda di Indonesia. Implementasi pendekatan Design thinking dengan tahap Emphatize, Define, Ideate, Prototyping, dan Testing menghasilkan konsep sosial media pengembangan diri dimana pengguna dapat melakukan Publish karya sendiri, bergabung di komunitas yang memiliki concern yang sama, saling memberikan motivasi terhadap karya orang lain dengan Fitur yang terdiri dari Upload Foto & Video, Pemberian Caption, menambah pertemanan, pemberian komentar, dan dapat mengkomersilkan karya.

Full Text:

PDF

References


Aminullah, M., & Ali, M. (2020). Perkembangan Teknologi Komunkasi Era 4 . 0. Komunike, 7(1), 1–23.

Buschek, D., Anlauff, C., & Lachner, F. (2021). Paper2wire – A Case Study Of User-Centred Development Of Machine Learning Tools For Ux Designers. I-Com, 20(1), 19–32. Https://Doi.Org/10.1515/Icom-2021-0002

Domingo, L., Moore, D., Sirkin, D., Toye, G., Leifer, L., & Cutkosky, M. (2020). Strategic Prototyping To Learn In Stanford University’s Me310 Design Innovation Course. Proceedings Of The Design Society: Design Conference, 1, 1687–1696. Https://Doi.Org/10.1017/Dsd.2020.176

Gunawan, I., & Argadinata, H. (2020). Dampak Pembelajaran Berkarakter Terhadap Penguatan Karakter Siswa Generasi Milenial. Jamp, 3(2019), 160–170.

Hasanah, U. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Kalangan Generasi Millenial Untuk Membendung Diri Dari Dampak Negatif Revolusi Industri 4.0. Pedagogy, 8(1), 52–59.

Li, J., Tigwell, G. W., & Shinohara, K. (2021). Accessibility Of High-Fidelity Prototyping Tools. Conference On Human Factors In Computing Systems - Proceedings. Https://Doi.Org/10.1145/3411764.3445520

Malahayati, J. P., Lesmana, T., Rarung, C. M., Psikologi, S., Bunda, U., Jakarta, M., … Jakarta, M. (2020). Peran Kecerdasan Budaya Dan Kepribadian Terhadap Perilaku Konsumtif Online Generasi Milenial Yang Merantau Di Jakarta. Psikologi Malahayati, 2(2), 57–71.

Nicolas, D. (2020). Learning From Social Media In Urban Design. Thinking About Digital Participation Through The Development Of The Openkyminlinna Platform. Infolio, 36.

Permata Sari, I., & Analia Zain, S. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking Dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus Upi Cibiru. Https://Doi.Org/10.17509/Edsence.V2i1.25131

Putra Prakasa, S.T., M.Kom., F. B. (2021). Desain Aplikasi Mobile Gamifikasi Untuk Pramuka Dengan Metode Ui/Ux. Jurnal Buana Informatika, 12(1), 58. Https://Doi.Org/10.24002/Jbi.V12i1.4424

Razi, A. A., Mutiaz, I. R., & Setiawan, P. (2018). Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 3(2), 219. Https://Doi.Org/10.25124/Demandia.V3i02.1549

Reflin, G. (2020). Evaluasi Bisnis Startup Suka-Grafis Menggunakan Pendekatan Design Thinking.

Rofik, A. K., Sagirani, T., Hariani, S., & Wulandari, E. (2020). Desain Prototipe Pada Startup Talentku Prototype Design For Talenku Using The Lean Ux, 3(2).

Sazali, H., Rozi, F., Edward, P., & Hall, T. (2020). Belanja Online Dan Jebakan Budaya Hidup Digital Pada Masyarakat Milenial Online Shopping And Digital Living Culture Traps In Millennial Communities. Simbolika, 6(2).

Setiadi, A. R. (2020). Perancangan Ui / Ux Menggunakan Pendekatan Hcd ( Human-Centered Design ) Pada Website Thriftdoor. Automata, 1(2).

Setiawan, D., Wijaya, Y. D., & Rukminingtyas, C. D. (2020). Sistem Informasi Lentera Design And Evaluation Of The Wireframe Design Lentera Information System, 531–537.

Supratman, L. P. (2018). Penggunaan Media Sosial Oleh Digital Native. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(1), 47–60. Https://Doi.Org/10.24002/Jik.V15i1.1243

Tiawan. (2020). View Of How To Be A Ux/Ui Designer? Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). Retrieved From Https://Www.Ejournal.Unma.Ac.Id/Index.Php/Bernas/Article/View/863/663

Utomo, P. (2020). Pendekatan Object Oriented Ux Pada Perancangan Aplikasi Manajemen Order. In Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi (Sisfotek) Ke 4 (Pp. 230–235).

Zuhri, S. (2020). Pentingnya Budaya Literasi Media Dan Aktualisasi Bela Negara Generasi Milenial. Public Administration Journal Of Research, 2(4), 393–405.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.