PERANCANGAN DAN EVALUASI DESAIN WIREFRAME SISTEM INFORMASI LENTERA

Dimas Setiawan

Abstract


Sistem informasi LENTERA (Learn Technology and Entrepreneur Character) UNIPMA merupakan sebuah produk digital yang nantinya didesain mampu mengakomodasi seluruh mahasiswa dari berbagai bidang ilmu untuk secara aktif belajar dan berinteraksi terkait keilmuan di bidang teknologi khususnya teknologi digital dan entrepreneur. Sebelum lanjut ke proses pembuatan sistem diperlukan pendekatan perancangan sistem menggunakan wireframe, yang diuji dengan instrumen system usablity Scale. Dari hasil instrumen didapat rancangan wireframe sistem informasi lentera memiliki tingkat usability dengan rating dan grade yang masih rendah yaitu dengan skor sebesar 47 dengan rating “sangat buruk”, sehingga perlu adanya rekomendasi perbaikan dengan memperhatikan beberapa masukan dan saran dari pengguna, atau memanfaatkan user experience untuk pengembangan awal dari model prototipe sistem

Full Text:

PDF

References


Baumgartner, J., Frei, N., Kleinke, M., & Sauer, J. (2019). Pictorial System Usability Scale ( P-SUS ): Developing an Instrument for Measuring Perceived Usability, 1–11.

Kaya, A., Ozturk, R., & Gumussoy, C. A. (2020). Usability Measurement of Mobile Applications with System Usability Scale ( SUS ).

Setiawan, D. (2018). ANALISIS KEBUTUHAN E-LEARNING PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PGRI MADIUN. SENATIK, 30–36.

Setiawan, D. (2019). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi LENTERA Untuk Membentuk “ Smart Society ” Di Lingkungan Kampus Menggunakan Metode OOAD ( Studi Kasus : Universitas PGRI Madiun ), 155–159.

Setiawan, D. (2020). Evaluasi Usability E-Learning Moodle Dan Google Classroom Menggunakan Sus Questionnaire. Jami, 1(1), 55–64.

Setiawan, D., & Lenawati, M. (2020). Peran dan Strategi Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Society 5.0. RESEARCH : Computer, Information System & Technology Management, 3(1), 1. https://doi.org/10.25273/research.v3i1.4728

Setiawan, D., & Rafianto, N. (2020). Pengukuran usability pada learning management system perguruan tinggi menggunakan pedoman system usability scale Usability measurement in college learning management system using the guidance system usability scale, 10(1), 23–31.

Setiawan, D., & Wicaksono, S. L. (2020). Evaluasi Usability Google Classroom Menggunakan System Usability Scale, 2(1), 71–78.

Setiawati, A., Rahim, A., & Kisbianty, D. (2018). Pengembangan dan Pengujian Aspek Usability pada Sistem Informasi Perpustakaan ( Studi Kasus : STIKOM Dinamika Bangsa Jambi ). Processor, 13(1).

Taylor, P., Borsci, S., Federici, S., Bacci, S., Gnaldi, M., Bartolucci, F., … Bartolucci, F. (2015). International Journal of Human-Computer Interaction Assessing User Satisfaction in the Era of User Experience : Comparison of the SUS , UMUX , and UMUX- LITE as a Function of Product Experience Assessing User Satisfaction in the Era of User Experience : C, (August). https://doi.org/10.1080/10447318.2015.1064648


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.