Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Untuk Meningkatkan Pelayanan Pendidikan Pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus : Universitas PGRI Madiun)

Mei Lenawati

Abstract


Era revolusi industri 4.0 dan Society 5.0 merupakan era dimana teknologi digital mulai digunakan hampir disemua sektor. Sistem yang terintegrasi, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis digital memberikan kemudahan pada pengguna untuk mendapatkan data dan informasi dengan mudah dan cepat. Banyak instansi dan organisasi yang memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mengelola organisasinya secara profesional. Salah satunya perguruan tinggi, BAN-PT telah memberikan tuntunan agar  sebuah institusi pendidikan dapat memiliki mutu yang baik, diminati banyak pelanggan, sampai dengan daya saing yang tinggi (tertuang dalam standarisasi BAN-PT). Melalui pendekatan CRM (Customer Relationship Management), dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi dapat memberikan pelayanan yang baik dan optimal pada stakeholder sehingga dapat memberikan kepuasan dan meningkatkan loyalitas.

Kata kunci: Teknologi digital, Perguruan tinggi, CRM.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, H., Salahshour, M., Rad, Nilashi, M., Ibrahim, O., Dahlan, H. M., & Almaee, A. (2014). Customer Relationship Management Model in Higher Education: A Case of Malaysia. Journal of Social Economics, 1(1), 1–10. Retrieved from https://ideas.repec.org/a/rss/jnljse/v1i1p1.html

Ayu Abriyanti Chandra Dewi1,Prof. Dr. Hatane Semuel, S. E. (2015). PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DAN CUSTOMER LOYALTY PADA PELANGGAN SUSHI TEI SURABAYA. JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN PETRA, 3(1), 1–9.

Deriani, N. W. (2018). ANALISA PERANCANGAN MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA STMIK STIKOM BALI. Jurnal VOI STMIK Tasikmalaya, 5(2), 43–55. https://doi.org/10.1007/978-3-662-55381-7

Gholami, H., Saman, M. Z. M., Sharif, S., & Zakuan, N. (2015). A CRM Strategic Leadership Towards Sustainable Development in Student Relationship Management: SD in Higher Education. Procedia Manufacturing, 2, 51–60. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2015.07.010

Kusnandar, T. (2011). BERBASIS WEB UNTUK KEPUASAN PELANGGAN Toni Kusnandar, 5(1), 6–13.

Nadlifatin, R., Er, M., Sc, M., & Ph, D. (2007). Pengukuran Performansi Praktik Pengelolaan Hubungan Pelanggan Dengan Menggunakan Kerangka CRM Scorecard ( Studi Kasus : PT . Bank Mandiri ( Persero ) Tbk ).

Oktiani, N. (2017). Faktor Interpersonal dan Faktor Struktural dalam Efektifitas Implementasi CRM Pada PT KAI Commuter Line, IX(1), 100–104.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.