Penerapan Teknik Johari Window dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Penerimaan Diri Siswa Kelas VIII E SMPN 13 Kota Madiun
Abstract
Penerimaan diri merupakan kemampuan individu untuk dapat melakukan penerimaan terhadap keberadaan diri sendiri. Hasil observasi yang peneliti lakukan di SMPN 13 Madiun yang menunjukkan bahwa masih banyak penerimaan diri siswa yang rendah. Hal ini sering ditunjukkan seperti kurangnya kepercayaan diri siswa, tidak mudah menerima kritikan, tidak percaya dengan kemampuannya, dan terlihat pemalu apabila menyampaikan pendapat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik Johari Window dalam Bimbingan Kelompok terhadap Penerimaan Diri Siswa. PTBK (Penelitian tindakan Bimbingan konseling) adalah Metode penelitian yang digunakan dan pendekatan pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Kegiatan ini dilaksanakan di SMPN 13 tahun ajaran 2023–2024 dengan melibatkan enam siswa kelas VIII E yang memiliki penerimaan diri yang rendah. Hasil dari penelitian menemukan bahwa penggunaan teknik Johari Window dalam layanan bimbingan kelompok dapat membantu meningkatkan penerimaan diri siswa. Hasil dari setiap peningkatan dari siklus I dan siklus II membuktikan hal ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asrori, & Ali. (2012). Psikologi remaja: perkembangan peserta didik, Jakarta:Bumi aksara
Chaplin, (2014). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dewi & Rosmana. (2013). Profesionalisasi Guru BK Melalui PTBK. Medan: Unimed Press
Hurlock, E.B., (2009). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Jakarta : Penerbit Erlangga
Kartini, Y., Anggriana, T, M., & Sofiah, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Menjaga Pertemanan Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Johari Window. Prosiding SNBK(Seminar Naional Bimbingan dan Konseling. Vol 7. (1)
Khulwah, A, R dan Mugiarso, H. (2021). Pengaruh Bimbingan kelompok Melalui Zoom Meeting Dengan Tenik Jhari Window Terhadap Peningkatan Penerimaan Diri Siswa. Counsenesia Indonesian Journal of Guidance and Counseling. Vol 2. (2)
Nurihsan, Achmad Juntika. (2006). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung : PT. Refika Aditama.
Prayitno dan Erman Amti. 2015. Dasar-dasar Bimbingan & Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Rahayu dan Sri Muliati. (2010). Penerimaan Diri Dan Kebermaknaan Hidup Penyandang Cacat Fisik. Skripsi : Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Nana Syaodih, Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tantra, D. K. (2015). Konsep Dasar dan Karakteristik Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Makalah pada Pelatihan PPKP dan PTK. Jakarta: Dirjen PT, Depdiknas.
Ulan, A., Idris, I, & Alwi, NM. (2021). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan menggunakan permainan untuk membantu meningkatkan penerimaan diri siswa. Pedagogika. Vol 12(1)
Wartana, Eka. 2009. Mind Web Konsep Berfikir Tanpa Mikir. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Arif Wahyudi, Tyas Martika Anggriana, Hery Tursilowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.