Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Model Pembelajaran Inquiry dengan Media ICT pada Kelas V SDN 02 Klegen

Indah Ratna Sari, Wachidatul Linda Yuhanna, Sri Suestik, Kuswo Hadi Wiguno

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN 02 Klegen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran inquiry dengan media Information and Communication Technologies (ICT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 02 Klegen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 02 Klegen dengan jumlah siswa sebanyak 28. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran inquiry dengan media ICT dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas V SDN 02 Klegen. Rata-rata nilai siswa materi gaya pada kondisi di tahap awal (pra siklus) 69%. Siswa yang tuntas sebanyak 40% (8 siswa) dan yang belum tuntas sebanyak 60%. Siklus pertama, rata-rata nilai siswa sebesar 74 dengan presentase ketuntasan sebesar 60% (12 siswa) dan yang belum tuntas 40%. Siklus kedua, nilai rata-rata siswa sebesar 81. Siswa yang tuntas sebanyak 80 % (16 siswa) dan 20% belum tuntas. Sehingga siklus dihentikan dan Penelitian Tindakan Kelas dinyatakan berhasil.

Keywords


Inquiry, ICT, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. N., & Boleng, B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 10174-10180.

Dewanto, I. J., Hidayat, S., & Sukmayadi, D. (2021). Pengembangan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 76-89.

Hartini, T. I., & Khamdiah, S. N. (2023, December). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Video Interaktif Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Rambutan 03 Pagi. In Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia (Vol. 2, pp. 173-181).

Hayadi, B. H., Yusuf, F. A., & Yuningsih, Y. (2024). Multimedia interaktif inkuiri IPA: Tingkatkan berpikir kritis siswa SD. Technical and Vocational Education International Journal (TAVEIJ), 4(1), 54-57

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103-111.

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20-29.

Kaamilah, S., Usman, H., & Sari, Y. (2023). Pengembangan Bahan Ajar digital Interaktif Berbasis Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 77-90.

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA dengan strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168-174.

Pangestu, M. A., & Arda, A. (2020). Penerapan Metode Inkuiri dalam Pembelajaran IPA di SDN Tomini. Koordinat Jurnal MIPA, 1(2), 11-16.

Ratnasari, D., Yurnetti, Y., Hidayati, H., & Syafriani, S. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri tipe pictorial riddle berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap pencapaian kompetensi IPA siswa kelas VIII SMPN 31 Padang. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, 13(2).

Sari, F. F. K., & Lahade, S. M. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap sikap ilmiah rasa ingin tahu peserta didik sekolah dasar pada pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(1), 797-802.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indah Ratna Sari, Wachidatul Linda Yuhanna, Sri Suestik, Kuswo Hadi Wiguno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.