Penerapan Metode Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XB di SMAN 6 Madiun pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Yunita Epa Purnama, Mahfud Fauzi

Abstract


Peneltian ini dilakukan bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila (2) Sebagai rujukan guru dalam membuat perencanaan pembelajaran (3) Sebagai salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan peserta didik dalam kegiatan pembelajar di dalam kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XB SMAN 6 Madiun yang berjumlah 37 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penilaian Tindakan Kelas (PTK) melalui 3 tahap. Tahap I (pra siklus), dimana guru melakukan pembelajaran secara konvensional yaitu metode ceramah. Pada Tahap 2(Siklus 1) dan 3(Siklus II), guru menerapkan metode pembelajaran diskusi dan Team Game Tournament. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa Penerapan metode pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dikelas XB SMAN 6 Madiun. Hal ini dapat ditunjukkan hasil kenaikan nilai rata rata kelas dan presentase ketuntasan pada setiap tahapnya. Nilai rata rata pada tahap pra siklus 62,78 kemudian siklus 1 yaitu 77,16 dan siklus 2 yaitu 84,62. Sedangkan presentase ketuntasan pada tahap pra siklus yaitu 40,54 % Kemudian siklus 1 yaitu 67,57 % dan siklus 2 yaitu 89,19%.


Keywords


Hasil belajar, Metode pembelajaran, Team Game Tournament

Full Text:

PDF

References


Dewiyanti, N. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 29–37. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13977

Erlinda, N. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X di SMK Dharma Bakti Lubuk Alung. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 49. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1738

Hikmah, M., Anwar, Y., & Riyanto. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Dunia Hewan Kelas X di SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi, 5(1), 56–73.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/index

Rusnadi, N. M., Parmiti, D. P., & Arini, N. W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Ipa. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).

Sugiata, I. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618

Wika Alzana, A., Harmawati, Y., & Pd, M. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai Pendidikan multikultural. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 51–57. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/2370


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yunita Epa Purnama, Mahfud Fauzi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.