Dampak Penggunaan ChatGPT dalam Pembelajaran Sejarah di Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)

Vicky Diliana Sagita Putri, Yudi Hartono, Siti Nurkholipah

Abstract


Di abad 21 teknologi sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Teknologi telah menjadi faktor pendorong utama dalam perkembangan manusia sepanjang sejarah. Dari zaman prasejarah hingga era digital saat ini, teknologi terus berevolusi dengan cepat, mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan manusia salah satunya di bidang pendidikan. Munculnya teknologi AI ChatGPT memberikan peluang dan tantangan tersendiri bagi terlaksananya pembelajaran sejarah tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan ChatGPT pada pembelajaran sejarah di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari Dampak Penggunaan ChatGPT dalam Pembelajaran Sejarah di SMA menunjukkan bahwa : (1) ChatGPT menyediakan informasi yang dibutuhkan siswa dan dapat diakses setiap saat (2) ChatGPT tidak dapat menggantikan peran guru tetapi dapat menjadi alat untuk mendukung proses pembelajaran (3) ChatGPT menyebabkan siswa bergantung pada teknologi dan kurang berusaha untuk berpikir dalam mencari informasi sendiri yang menyebabkan siswa menyalin jawaban secara langsung tanpa memahami materi sehingga mucul plagiarisme. Simpulan dari penelitian ini, menyarankan agar ChatGPT hanya digunakan sebagai alat untuk mendukung proses pembelajaran. Dalam prakteknya guru harus mengajarkan siswa untuk memverifikasi dahulu informasi yang diperoleh dari ChatGPT karena tidak sepenuhnya informasi yang diberikan benar dan membiasakan siswa agar tidak langsung menyalin jawaban yang nantinya menyebabkan mereka melakukan plagiarisme.


Keywords


Dampak, ChatGPT, Pembelajaran sejarah

Full Text:

PDF

References


Handayani, R. (2020). Metode Penelitian Sosial. In Bandung.

Handy, M. R. N. (2021). Pembelajaran Sejarah Dalam Membangun Historical Awarness dan Sikap Nasionalisme Pada Peserta Didik. Prabayaksa: Journal of History Education, 1(1), 49. https://doi.org/10.20527/prb.v1i1.2196

Mahardhika Chandra, Rizki Pratama, Fathan Azka Pradana, & Alvita Bonita. (2022). Chatbot Interaksi Rumah Sakit menggunakan FFNN. Indonesian Journal of Data and Science, 3(1), 62–68. https://doi.org/10.56705/ijodas.v3i1.36

Mahyudi, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 122–127. https://doi.org/10.55681/armada.v1i2.393

Merentek, T. C., Usoh, E. J., & Lengkong, J. S. J. (2023). Implementasi Kecerdasan Buatan ChatGPT dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26862–26869.

Nur Nindya Risnina, Septica Tiara Indah Permatasari, Aliyya Zahra Nurulhusna, Febina Mushen Anjelita, Cahya Wulaningtyas, & Nur Aini Rakhmawati. (2023). Pengaruh ChatGPT Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(4), 119–132. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i4.2364

Ramadhan, F. K., Faris, M. I., Wahyudi, I., & Sulaeman, M. K. (2023). Pemanfaatan Chat Gpt Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Flash, 9(1), 25. https://doi.org/10.32511/flash.v9i1.1069

Sofiatul Maola, P., Syifa Karai Handak, I., Tri Herlambang, Y., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P. (2024). Penerapan Artificial Intelligence Dalam Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmu Kependidikan, 19(1), 61–72. https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.24772


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Vicky Diliana Sagita Putri, Yudi Hartono, Siti Nurkholipah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.