Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik dan Media Lagu pada Kelas 8C SMPN 6 Madiun Tahun Pelajaran 2023/2024

Thoifatul Ningtyas, Asri Musandi Waraulia, Anik Handayani

Abstract


Kemampuan menulis puisi merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa khususnya kelas 8 sesuai dengan capaian pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Berdasarkan observasi penulis di kelas 8C SMPN 6 Madiun, siswa masih kesulitan untuk menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi dengan teknik akrostik dan media lagu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8C SMPN 6 Madiun sebanyak 27 siswa. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa ketuntasan belajar pada siklus I 45% dengan nilai rata-rata 67,3 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 85% dengan rata-rata nilai 84,4. Berdasarkan hasil tersebut, teknik akrostik dan media lagu dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi.


Keywords


Puisi; Akrostik; Lagu

Full Text:

PDF

References


Abduh, N. K. (2018). PEMANFAATAN TEKNIK AKROSTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI. RETORIKA, 40-47.

Agustina, E. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Representasi Kurikulum 2013. AKSARA Jurnal Bahasa Dan Sastra, 84-99.

Anjelina, W., Silvia, N., & Gitituati, N. (2021). Program Merdeka Belajar, Gebrakan Baru Kebijakan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1977-1982.

Arikunto, S., & dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Bawamenewi, A. (2021). Teknik Akrostik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi.

EDUMASPUL, 638-642.

Cahyanti, E. D., Asri, S. A., & Ulfa, M. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Akrostik Berbantuan Media Audiovisual. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 199-208.

Eka, P. M. (2019). Puisi Akrostik: Cara Mudah Membuat Puisi. Kuningan: Goresan Pena. Mujiyanto, G., & Ivana, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik

Akrostik. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra

Indonesia, 6(2), 126-138.

Putriningsih, A. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Teknik Akrostik Dan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP NEGERI 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Doctoral Dissertation.

Sheppard, P. (2007). "Music Make Your Child Smarter” Peran Musik dalam Perkembangan Anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Tarigan, H. G. (1986). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Thoifatul Ningtyas, Asri Musandi Waraulia, Anik Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.