Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Siklus Air Kelas 5 SDN 01 Madiun Lor

Taupik Hidayat, Sri Lestari

Abstract


Temuan utama observasi ini dapat diimplementasi pada tahapan pendidikan IPA pada kasus-kasus berikut: 1) sebagian besar guru memakai cara konvensional; 2) guru tidak menerapkan model pendidikan; 3) anak agak menyendiri selama tahapan pendidikan; 4) makin melimpah anak yang jadi pasif selama tahapan pendidikan; 5) anak cenderung memiliki harga diri yang rendah ketika mengikuti aktivitas pendidikan; dan 6) banyaknya anak yang memperoleh nilai di bawah KKM <75. Tuk menjawab tantangan yang muncul, metodologi pendidikan efektif dan inovatif yang diimplementasi pada kelas IPA dengan memakai bahan pendidikan berbasis udara disini disebut Problem Based Learning (PBL). Subjek observasi adalah Madiun Lor, murid kelas 5. Madiun Kota Observasi ini meruppada bagian dari observasi Aktivitas Kelas Kolaboratif (PTKK), dimana murid, guru, dan staf lainnya bekerja sama tuk menyelesaikan proyek PTK. Observasi ini dilaksanpada dengan memberi aktivitas pra-siklus tuk mengerti kinerja awal dan dilanjutkan dengan penerapan dua siklus. Observasi ini memakai teknik pengumpulan data berupa tes tuk mengukur hasil studi, khususnya pre dan post test. Penerapan metodologi Problem Based Learning (PBL) diyakini dapat menaikkan hasil studi murid kelas 5 dan 6 apabila diajar dengan buku ajar IPA. Oleh sebab itu mekanisme pendidikan pada model ini sangat efektif dan direkomendasikan tuk diimplementasi.


Keywords


Problem Based Learning (PBL), Siklus Air, PTK Kolaboratif

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Arikunto, Suharsimi. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Direktorat P2TK KPT Ditjen Dikti. 2006. Pedoman Penyusunan Usulan dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action research). Jakarta: Direktorat P2TK KPT Ditjen Dikti Depdiknas.

Hanifah, Nisrina. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Imas Kurniasih & Berlin Sani.2015.Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru.Jogjakarta:Kata Pena

Nugraha, W. S. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA SD DENGAN

MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING.

EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 115. https://doi.org/10.17509/eh.v10 i2.11907

Oktaviani, L. & Tari, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA pada Siswa Kelas VI SD No 5 Jineng Dalem. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(5), 10–15.

Ramadhani, Hanitia Putri. (2021). Peningkatan Kemampuan

Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA tentang Siklus Air melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Universitas Sebelas Maret. Kalam Cendekia : Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 9 Nomor 1

Tahun 2021.

Rusman.2011. Model – Model Pembelajaran Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model-Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ARRUZZ MEDIA.

Siti Amalia, dkk. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SIKLUS AIR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KOMIK DIKELAS V. DIdaktik : Jurnal PGSD FKIP Universitas Mandiri Volume 9 Nomor 2 Tahun 2023.

Sumiyati, yeti. (2016). Penerapan Model Learning cycle 7E untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Proses Daur Air. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 41–50

Suyanto dan Hisyam, Djihad. 2002. Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium

III. Yogyakarta: Adicita Karya.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Taupik Hidayat, Sri Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.