Pengaruh Konformitas Teman Sebaya dan Self Disclosure Terhadap Keprcayaan Diri Peserta Didik

Sersannita Ayu mayangsari, Dahlia Novarianing Asri, Ratih Christiana

Abstract


Suatu keberhasilan dari seorang peserta didik berasal dari dalam diri sendiri, sejauh ini masih banyak peserta didik yang tidak mengetahui kemampuan yang ada dalam dirinya bahkan benyak yang kurang memiliki kepercayaan diri. Tingkat konfrmitas teman sebaya dan  self disclosure mempunyai pengaruh terhadap kepercayaan diri peserta didik. secara umum penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya dan  self disclosure terhadap kepercayaan diri peserta didik kelas VII SMPN 1 Jiwan Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini sebesar  126 siswa, dan sampel sejumlah 55 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling. Data yang diperoleh kemudian dihitung menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics versi 26. Dari data yang telah dianalisis maka dapat disimpulkan 1) Terdapat pengaruh konformitas teman sebaya terhadap kepercayaan diri peserta didik kelas VII SMPN 1 Jiwan Kabupaten Madiun. 2) Terdapat pengaruh self disclosure terhadap kepercayaan diri peserta didik Kelas VII SMPN 1 Jiwan Kabupaten Madiun. 3) Terdapat pengaruh konformitas teman sebaya dan self disclosure terhadap kepercayaan diri peserta didik kelas VII SMPN 1 Jiwan Kabupaten Madiun.


Keywords


Konformitas teman sebaya, Self disclosure, Kepercayaan diri

Full Text:

PDF

References


Agustiningsih, T., Pradanie, R., & Pratiwi, I. N. (2019). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kepercayaan Diri Akibat Timbulnya Acne Vulgaris pada Remaja Berdasarkan Teori Adaptasi Roy di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 4(1). https://doi.org/10.30651/jkm.v4i1.2108

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–168.

Annisa, S. (2015). PENGARUH KONKORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMA NEGERI 1 DEPOK YOGYAKARTA. PENGARUH KONKORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMA NEGERI 1 DEPOK YOGYAKARTA, 151, 10–17.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182

Fitri Handayani, V., Arisanti, I., & Atmasari, A. (2019). Pengaruh Pengungkapan Diri (Self Disclosure) Terhadap Stres Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa. Jurnal Psimawa, 2(1), 47–51. https://doi.org/10.36761/jp.v2i1.437

Hamni Fadlilah Nasution. (2017). Instrumen Penelitian dan Urgrnsinya Dalam Penelitian Kuantitatif. 32.

Harahap, A., & Asmaryadi, E. H. (2024). HUBUNGAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN 1 Winda Menurut Surna ( dalam Afrina , 2013 ) kepercayaan diri adalah imbalan kemampuan , kompetensi , bakat , kekuatan , potensi yang terwujud bentuk perilaku ak. 9(1), 157–163.

Hasmayni, B. (2014). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Penyesuaian Diri Remaja. Jurnal Analitika, 6(2), 98–104. http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika/article/view/850

Kumalasari, A. G., & Desiningrum, D. R. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Guru Dengan Pengungkapan Diri (Self Disclosure) Pada Remaja. Jurnal EMPATI, 5(4), 640–644. https://doi.org/10.14710/empati.2016.15420

Latifah, F. N. (2022). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Emotion Coping Dengan Self Disclosure Di Media Sosial Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/104296%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/104296/2/NASKAH PUBLIKASI.pdf

Martasari, K., & Arisandy, D. (2018). Kohesivitas Teman Sebaya dalam Konformitas Pada Remaja Sekolah. Jurnal Ilmiah Psyche, 12(1), 01–10. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v12i1.583

Nofembri, A., Fitria, L., & Radyuli, P. (2021). Hubungan Self Disclosure dengan Kepercayaan Diri Siswa dalam Mengemukakan Pendapat di Depan Kelas. Jurnal Pti (Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia “Yptk” Padang, 8(1), 64–70. https://doi.org/10.35134/jpti.v8i1.40

Nur Azizah, A., Nursanti, S., Studi Ilmu Komunikasi, P., & Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Singaperbangsa Karawang Abstrak, F. (2024). Self-Disclosure Pada Game Online Mobile Legends Dalam Komunikasi Interpersonal Untuk Mendapat Pasangan Virtual Penggunanya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(1), 130–139. https://doi.org/10.5281/zenodo.10464685

Nurfadiah, R. T., & Yulianti, A. (2017). Konformitas dengan Kepercayaan Diri pada Remaja Komunitas Pecinta Korea di Pekanbaru. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 2(2), 212–223.

Setianingsih, E. S. (2015). Keterbukaan Diri Siswa. Jurnal Empati, 2(2), 46–64.

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF,KUALITATIF DAN R&D (Cetakan ke). ALFABETA.

Sugiyono, P. D. (2019). Statistika untuk Penelitian (Prof.Dr.Sugiyono (ed.)). ALFABETA, cv.

Suhar Janti. (2014). ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS DENGAN SKALA LIKERT TERHADAP PENGEMBANGAN SI/TI DALAM PENENTUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENERAPAN STRATEGIC PLANNING PADA INDUSTRI GARMEN. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), November, 155–160. http://www.springer.com/series/15440%0Apapers://ae99785b-2213-416d-aa7e-3a12880cc9b9/Paper/p18311

Sukarno, N. F., & Indrawati, E. S. (2020). Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Gaya Hidup Hedonis Pada Siswa Di Sma Pl Don Bosko Semarang. Jurnal EMPATI, 7(2), 710–715. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21702

Yuliana, E. M., & Etika, A. N. (2020). Remaja dan Konformitas Teman Sebaya. Ahlimedia Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sersannita Ayu mayangsari, Dahlia Novarianing Asri, Ratih Christiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.