Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran ECIRR Berbantuan Media Gimkit Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas 4 di SDN Sobrah Wungu Madiun

Muhammad Rizky Ramadhan

Abstract


Penelitian ini dilakukan di SDN Sobrah Kabupaten Madiun. Sekolah ini beralamat di jalan Beringin No. 01, Sobrah, Kec. Wungu, Kab. Madiun, Jawa Timur. peneliti melaksanakan penelitian di sekolah tersebut karena hasil belajar IPAS pada beberapa siswa di sekolah tersebut yang masih terbilang kurang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa pengaruh dari penggunaan model pembelajaran   ECIRR berbantuan media   Gimkit terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas 4 di SDN Sobrah Wungu Madiun. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Postest. Dalam desain penelitian ini pembelajaran diukur sebelum dan setelah treatment atau perlakuan. Di dalam penelitian ini sebelum diberikan perlakuan kelas diberikan pretest terlebih dahulu yang dimana didapatkan hasil belajar rata-rata siswa kelas yaitu 71, sedangkan setelah melakukan pretest, siswa diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran   ECIRR berbantuan media   Gimkit, selanjutnya siswa diberikan posttest untuk melihat nilai akhir yang dimana hasil belajar siswa mendapat rata-rata 86. Berdasarkan hasil uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk, diketahui nilai signifikasi dari pretest-posttest kelas, nilai signifikasinya > 0,005. Maka dapat disimpulkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal. Diketahui juga nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar < ,001 < 0,005, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest, yang artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran   ECIRR berbantuan media   Gimkit terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas 4 di SDN Sobrah Wungu Madiun


Keywords


Model ECIRR, Gimkit, Hasil Belajar, IPAS

Full Text:

PDF

References


Sugiyono.(2015).Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung: Alfabeta

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Rineka Cipta.

Heni, J. (2016). Penggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal TICOM, 5(1), 1–6. https://media.neliti.com/media/publications/92772-ID-penggunaan-gamifikasi-dalam-proses-pembe.pdf

I Salam, M. Y., Mudinilllah, A., & Agustina, A. (2022). Aplikasi Quizizz Berpengaruh Atau Tidak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(2), 2738-2746.

Primasari, I. F. N. D., & Supena, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Dengan Metode Multisensori Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1799–1808. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1055


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Rizky Ramadhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.