Pengembangan Media Berbasis Website Terhadap IPA Materi Daur Hidup Hewan Kelas 4 SD

Roken Sacti Udhiyanny, Ria Aulianissa Nur Fitria, Grestian Putri Larasati, Amelia Ndung Dara Puspita, Sherly Putri Febriana, Alfian Nur Huda Pratama, Liya Artika Anggerasari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan upaya pengembangan pada media pembelajaran berbasis website untuk mata pelajaran IPA jenjang kelas IV SD dengan materi daur hidup. Media pembelajaran ini dibuat untuk memberikan pemahaman kepada siswa pada materi pembelajaran dalam cakupan yang lebih luas dengan media yang modern dan tampilan visual yang tidak membuat siswa jenuh saat belajar. Penelitian ini menggunakan metode Design & Development (D&D) dengan menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluation). Sedangkan tahapan penelitian yang dilakukan adalah analisis kebutuhan, perancangan media, pengembangan media, implementasi hingga evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis website ini efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SD untuk memahami materi daur hidup serta mendapatkan respon yang sangat baik dari para siswa maupun guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media belajar berbasis website merupakan media alternatif yang dapat digunakan oleh sekolah untuk mengembangkan media belajar yang dimiliki. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media belajar berbasis website merupakan media yang paling banyak dibutuhkan karena media ini dikombinasikan dengan kemajuan teknologi yang mendorong siswa untuk belajar dengan mengikuti perkembangan zaman.

Keywords


Media Belajar, Website, Kelas IV SD, Daur Hidup

Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2016). PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN. Lantanida Journal, 4(1), 35–49.

A. Rahman BP., Munandar, Fitriani, Karlina, & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Dwi Susanti, W. (2021). Efektivitas Website sebagai Media Pembelajaran Matematika Selama Masa Pembelajaran Daring The Effectiveness of Website as a Mathematics Learning Media During the Online Learning Period. Edumatica |Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 74–83.

Miftha Huljannah. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 2(2), 164–180. https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.157

Narmamatovich Shaturaev, J. (2021). EDUCATION IN INDONESIA: FINANCING, CHALLENGES OF QUALITY AND ACADEMIC RESULTS IN PRIMARY EDUCATION. https://www.researchgate.net/publication/360217596

Nasution. A.F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Harla Creative.

Nur Aeni, A., Nur Nofriani, A., Ayuni Fauziah, I., & Ahmad Fauzi, I. (2022). Pemanfaatan Media Animasi Berbasis Aplikasi Renderforest Dalam Membentuk Kepribadian Islami Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas 4. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(6), 279–287. https://doi.org/10.52436/1.jpti.183

Palmer, T. A., Burke, P. F., & Aubusson, P. (2017). Why school students choose and reject science: a study of the factors that students consider when selecting subjects. International Journal of Science Education, 39(6), 645–662. https://doi.org/10.1080/09500693.2017.1299949

Rahmahwati, A. A., Hidayat, M. T., Djazilan, M. S., & Akhwani, A. (2021). Hubungan antara Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3385–3392. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1348

Suryandaru, N. A., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas IV. Jurnal Basicedu, 5(6), 6040–6048. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1803

Wijianti, & Wahidmurni. (2020). Development of Student Learning Worksheet Based on Discovery Learning to Improve Understanding of Animal Life Cycle Concept Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan Dasar, 15(1), 15–25.

Winangsih, E., & Harahap, R. D. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 452–461. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4433


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Roken Sacti Udhiyanny, Ria Aulianissa Nur Fitria, Grestian Putri Larasati, Amelia Ndung Dara Puspita, Sherly Putri Febriana, Alfian Nur Huda Pratama, Liya Artika Anggerasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.