Pengaruh Kemandirian Belajar dan Literasi Digital terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Negeri 2 Madiun

Riska Ela Iswantari, Reza Kusuma Setyansyah, Davi Apriandi

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai Kemandirian Belajar dan Literasi Digital Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Negeri 2 Madiun. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kemandirian dan literasi digital terhadap pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Madiun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebesar 255 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sebanyak 156 siswa. Pada penelitian ini menggunakan instrumen angket dan tes soal. Peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 26.0 for windows untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara kemandirian belajar dengan pemahaman konsep matematika siswa sebesar 79,2% dengan persamaan garis regresi Y = 71, 062 + 0,130X1 -0,026X2. Melalui analisis tersebut diperoleh bahwa koefisien korelasi dan koefisien regresi tersebut signifikan. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh kemandirian belajar dan literasi digital terhadap pemahaman konsep matematika siswa.


Keywords


Kemandirian Belajar, Literasi Digital, dan Pemahaman Konsep Matematika

Full Text:

PDF

References


Anderha, Refiesta Ratu, and Sugama Maskar. 2021. “Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika [The Effect of Numerical Ability in Solving Mathematical Problems on Learning Achievement of Mathematics Education Students].” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR) 2(1):1–10.

Harsono, Arta Mulya Budi, Rahayu Condro Murti, and Risky Dwi Cahya. 2023. “Hubungan Keterampilan 4C Dan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Dengan Hasil Belajar Matematika.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 12(3):3299. doi: 10.24127/ajpm.v12i3.7162.

Indrawati, Fiqi Annisa, and Wardono. 2019. “Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Dan Pembentukan Kemampuan 4C.” Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2:247–67.

Inovasi, Jurnal, Penelitian Pendidikan, and Pembelajaran Vol. 2023. “H = 1,138.” 3(2):153–64.

Linasari, Reni, and Syaiful Arif. 2022. “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP.” Jurnal Tadris IPA Indonesia 2(2):186–94. doi: 10.21154/jtii.v2i2.874.

Naufal, Haickal Attallah. 2021. “Literasi Digital.” Perspektif 1(2):195–202. doi: 10.53947/perspekt.v1i2.32.

Nisa, Zahratun, and Dhiah Fitrayati. 2022. “Pengaruh Literasi Digital Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi.” Jurnal PTK Dan Pendidikan 8(2). doi: 10.18592/ptk.v8i2.6840.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Riska Ela Iswantari, Reza Kusuma Setyansyah, Davi Apriandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.