Evaluasi Berbasis Quiziz dalam Pembelajaran IPS untuk Menumbuhkan Motivasi Siswa

Ardhian Dwi Putra, Sherina Lutfi Rahmadani, Rika Triana, Maria Ayu Trivena, Eka Yeni Yunila Puspitasari, Liana Vivin Wihartanti

Abstract


Pemanfaatan media pembelajaran menjadi salah satu alternatif yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi dalam belajar merupakan indikator penting yaitu sebagai pendorong untuk menentukan kunci keberhasilan dalam belajar. Pendidikan saat ini telah mengalami banyak perubahan tergantung model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar. Pendidikan saat ini telah didukung oleh adanya teknologi yang saat ini semakin mendominasi dalam pembelajaran, dalam hal ini guru bisa memanfaatkan teknologi sebagai alat pembelajaran dalam menciptakan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Media pembelajaran yang mungkin bisa diterapkan dalam pembelajaran adalah quizizz. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran IPS dengan menggunakan quizizz dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan kombinasi studi kepustakaan (literatur review). Hasil studi kepustakaan berasal dari jurnal Nasional yang terakreditasi pada laman google scholar dengan batas tahun jurnal adalah 10 tahun terakhir. Teknik studi kepustakaan menggunakan matriks sintesis berdasarkan pada sumber rujukan, jenis, sampel, metode, intervensi dan hasil temuan dalam penelitian. Hasil yang telah didapat, terdapat 10 jurnal tentang media pembelajaran quizizz pada pelajaran IPS dalam meningkatkan motivasi belajar. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran quiziz sangat efektif diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar karena dapat meningkatkan motivasi dalam belajar siswa. Media pembelajaran quiziz ini dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga pembelajaran berlangsung tidak monoton, dan siswa tidak mudah bosan dalam belajar.


Keywords


Evaluasi Pembelajaran, Quiziz, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Nuramanah, S. A., Iwan, C. D., & Selamet, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, 17(1), 117. https://doi.org/10.36667/bestari.v17i1.474

Bumi Melayu Riau Ramadhani, M., Suryani Putri, E., Syafi, M., Fisika, P., Riau, U., & Migas Bumi Melayu Riau, S. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Armada Pendidikan, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.60041/jap/v1i1.8

Jong, A., & Tien Bayangkhariwati Tacoh. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 1–17. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index

Ngarviyanto, A. S. (2023). Penerapan Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Aplikasi Quizizz Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Ekonomi.

Nur Ananda, P., Khotimah, K., Prasetyo, K., & Prasetya, S. P. (2022). Pengaruh Media Quizizz Dalam Pembelajaran IPS Materi Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat Ke Indonesia Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa (Vol. 2, Issue 2).

Purwanti, A., Syahrudin, H., Purwanti FKIP, A., Tanjungpura Pontianak, U., & Daya Nasional, J. (2023). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Aplikasi Quizizz Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar di SMA Negeri 3 Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 770–778. https://doi.org/10.26418/jppk.v12i2.63492

Rafika. (2021). Pengaruh Media Game Edukasi Quiziz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Al-Rifa’ie.

Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (n.d.). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index

Sanjaya Firman, Ramafrizal Yudho, & Almujab Saiful. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Ekonomi Berbasis Aplikasi Quizizz Terhadap Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, VIII(2), 1–14.

Sidik, M., & Pd, S. (2023). Penggunaan Quizizz Sebagai Media Asessment Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Kelas IX-E di SMPN 3 Cilimus. In Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia (Vol. 2, Issue 1).

Yulianti, R. (2021). Pengaruh Aplikasi Quiziz Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi di SMA Yadika 5 Jakarta. 1–166.

Zuan Angela Nur Islami. (2023). Pengaruh Penggunaan Digital Game Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 4 Malang. 1–181.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ardhian Dwi Putra, Sherina Lutfi Rahmadani, Rika Triana, Maria Ayu Trivena, Eka Yeni Yunila Puspitasari, Liana Vivin Wihartanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.