Pengaruh Sikap Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Geger

Reza Emelia Dayanti, Ika Krisdiana, Indra Puji Astuti

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengaruh sikap disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Geger. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data atau infomasi tentang pengaruh sikap disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Geger. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 288 siswa. Jumlah sampel sebanyak 167 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pada penelitian ini menggunakan angket untuk pengumpulan data responden. Peneliti menggunakan analisis regresi linear berganda dengan SPSS versi 26.0 for windows untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara sikap disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan signifikansi sebesar 0,011 < 0,05 dan nilai t_hitung (2,587) > t_tabel (1,974) dengan pengaruh sebesar 31,9%.


Keywords


Sikap Disiplin Belajar, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2020). Hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar. An-Nahdlah, 6(2), 46–63.

Agustan, R. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1).

Dewi, L. S. N., Rendra, N. T., & Dibia, I. K. (2020). Korelasi antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 427–433.

Dwijayanti, A., Ariawan, I. P. W., & Gunartha, I. W. (2022). Hubungan disiplin belajar, motivasi berprestasi, efikasi diri dengan hasil belajar matematika siswa sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 218–229.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164.

Khairinal, K., Kohar, F., & Fitmilina, D. (2020). Pengaruh motivasi belajar, disiplin belajar, dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi siswa Kelas XI IPS SMAN Titian Teras. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 379–387.

Kusumaningrum, M. D., & Sukartono, S. (2022). Analisis Pengaruh Disiplin Belajar Serta Rasa Ingin Tahu Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5259–5267.

Mardiana Pangabean, E., & Maslaha. (2022). Implementasi Teori Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Thinking Aloud Pair Problem Solving (Tapps). Journal of Mathematics in Teaching and Learning, 1(1), 22–27.

Meyanti, I., Atmadja, N. B., & Pageh, I. M. (2021). Kontribusi motivasi belajar, disiplin belajar, dan sikap sosial terhadap hasil belajar ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(2), 107–116.

Muslimah, R. (2018). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII SMPN 12 MADIUN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Pendidikan, 1, 4.

Narayani, K. D., Jayanta, I. N. L., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pola asuh orang tua dan disiplin belajar daring terhadap hasil belajar di masa new normal. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 393–401.

Novalinda, R., Keprila Prima, F., Mallisza, D., & Ambiyar, A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Entrepreneurship Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Manajemen Optik. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 192–201.

Novita, L., & AKhsan, S. M. (2022). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal PGSD Uniga.

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2019). Belajar dan Pembelajaran (1st ed., p. 290). Rajawali Pers.

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran : Inovatif, Kreatif, Dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik (1st ed.). Pustaka Setia.

Setiawati, S., Candra, I., & Fikri, H. T. (2020). Hubungan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VIII. Psyche 165 Journal, 10–17.

Sudiartini, N. L., Suharta, I. G. P., & Sudiarta, I. G. P. (2021). Kontribusi Kedisiplinan Belajar, Pola Asuh, dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 124–133.

Sumantri, M., & Syaodih, N. (2009). Perkembangan Peserta Didik. Universitas Terbuka.

Susiani. (2019). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Sikap Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Ponorogo. Pendidikan.

Sustriyani. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Educouns Journal: Jurnal Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 16–21.

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Winata, R., Friantini, R. N., & Astuti, R. (2021). Kemandirian belajar dan kedisipilinan belajar terhadap prestasi mahasiswa pada perkuliahan daring. JURNAL E-DuMath, 7(1), 18–26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Reza Emelia Dayanti, Ika Krisdiana, Indra Puji Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.