Meningkatkan Rasa Percaya Diri dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas I SDN 01 Tawangrejo

Nur Huda, Hendra Erik Rudiyanto, Marsidah Marsidah

Abstract


Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk menggambarkan upaya peningkatan kepercayaan diri serta hasil studi matematika murid kelas 1 melalui penerapan model pendidikan berbasis kasus. Pengamatan ini mengikuti pendekatan tindakan kelas model Kemmis serta Robin Mac Taggart dengan dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, implementasi, observasi, serta refleksi. Subjek pengamatan adalah 28 murid Kelas I di SDN O1 Tawangrejo. Model pendidikan berbasis kasus digunakan sebagai metode pembelajaran, dengan pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi serta tes, kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil pengamatan menunjukkan jika penerapan model ini meningkatkan kepercayaan diri rata-rata murid dari 34,62% menjadi 59,62% pada Siklus I serta 78,85% pada Siklus II. Selain itu, penerapan model pendidikan berbasis kasus juga meningkatkan hasil studi murid dari nilai rata-rata awal 54 menjadi 79 pada Siklus I serta 84 pada Siklus II. Hal ini menunjukkan jika kepercayaan diri serta hasil studi murid bisa ditingkatkan melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah.

Keywords


Rasa keyakinan diri; Hasil belajar; Model problem based learning

References


Abbas, Adwiyah, & A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Menggunakan Metode Diskusi Di MA Manbaul Hikam Tegalmojo Kecamatan Tegalsiwalan Kabu- paten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 459–468.

Aini, S. & P. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV MI Al-Falah. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2, 179–187.

Anggreni, M. . (2017). Penerapan bermain untuk membangun rasa percaya diri anak usia dini. Jurnal of Early Childhood and Inclusive Educatian, 1–8.

Arikunto, P. D. S. (2020). Prosedur Penelitian. Buku.

Hasanah, F. & R. (2022). Penerapan Model CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV UPT SDN 81 Pinrang. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 159–164.

Indarwati, W. & R. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Satya Widya, 17–27.

Indriawati, P. (2018). Pengaruh kepercayaan diri dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mahasiswa FKIP Universitas Balikpapan. Jurnal Pendidikan Edutama, 59–77.

Lantip, A. (2018). Evaluasi pembelajaran di SD dan MI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Lidinillah, D,A. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif, 17.

Lestari, A. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Gradien Garis Lurus Melalui Penerapan Metode Demonstrasi (Dengan IT) Pada Siswa Kelas VIII-B Semester I SMP Negeri 4 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2009/2010. Jurnal Pendidikan Edutama, 17.

Pada, A. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal of Teacher Profesional, 116–125.

Ruli, I. (2022). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 221–228.

Sabaruddin, Silvianetri, & N. (2022). Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 435–441.

Salirawati. (2012). Percaya Diri, Keingintahuan, dan Berjiwa Wirausaha: Tiga Karakter Penting Bagi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 218–219.

Sundayana. (2018). Media Pembelajaran Matematika. Alfabeta.

Tombokan, R. & S. K. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar.

Wina Sanjaya. (2016). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Huda, Hendra Erik Rudiyanto, Marsidah Marsidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.