Keefektifan Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Minat Belajar Siswa pada Pendidikan Pancasila Kelas IV MIN 2 Magetan

Putri Virgina Sugiarto, Fauzatul Marufah Rohmanurmeta, Candra Dewi

Abstract


Pendidikan Pancasila pembelajarannya berfokus pada pembentukaan karakter siswa. Dilihat dari fenomena saat ini banyak siswa yang kurang berminat terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Model Contextual Teaching And Learning berbantuan media kartu bergambar terhadap minat belajar siswa pada pendidikan pancasila kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan metode eksperimen. desain penelitian ini mengambil bentuk quasi eksperimen dengan menerapkan post-test only control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keefektifan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Keywords


Contextual Teaching And Learning, Kartu bergambar, Minat belajar

Full Text:

PDF

References


Asikin, Z., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan Games terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IV Gugus 04 Kecamatan Praya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 711. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.305

Gading, I. K., Antara, P. A., & Hidayat, A. S. (2019). Pengaruh Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Kemampuan Sains Permulaan Anak Taman Kanak-Kanak. Mimbar Ilmu, 24(2), 141. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21256

Jannah, M., & Hasmawati. (2017). Penggunaan Media Kartu Bergambar Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(1), 15. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i1.2985

Khairunnisak. (2015). Penggunaan Media Kartu Sebagai Strategi Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Pencerahan, 9(2), 66–82. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPP/article/download/2877/2739

Latifah, L. N. H., Fajriyah, K., & Cahyadi, F. (2020). Keefektifan Model Contextual Teaching And Learning Berbantu Media Kuphan Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 338–345. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/28235%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/viewFile/28235/16948

Meliza, R., & Eliyasni, R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Nearpod pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Unit 5 Kegiatan Belajar 4 Kelas IV SD. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(2), 205–213. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i2.151

Muliawan, J. U. (2016). 45 Model Pembelajaran Spektakuler: Buku Pegangan Teknis Pembelajaran di Sekolah. In Nurhid (Ed.), Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 7, Issue 1). AR-RUZZ MEDIA. https://book4you.org/book/16820474/72d426

Suhartiningsih, & Safirah, A. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(Volume 08 No 3 December 2023). https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11875

Wiguna, A. C., Oktari, D., Salamah, I. S., Eloisa, J. A. De, & Prihantini. (2022). Pentingnya Keterampilan Variasi Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2045–2057. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.513

Wiyono, A., & Arico, K. P. (2023). The Application of Contextual Teaching and Learning Model Using Mockup Media in Surabaya Vocational High School. International Journal of Vocational Education and Training Research, 9(2), 60–65. https://doi.org/10.11648/j.ijvetr.20230902.15


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Putri Virgina Sugiarto, Fauzatul Marufah Rohmanurmeta, Candra Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.