Pengembangan Media Digital Berbasis Google sites Sebagai Penunjang Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Narasi Siswa Kelas IV

Prisma Felindasari, Hartini Hartini, Suyanti Suyanti

Abstract


Pengembangan media digital berbasis google sites dirancang berbasis website yang dapat digunakan untuk membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik dan bisa diakses oleh pengguna kapan dan dimanapun melalui handphone atau perangkat lainnya. Platform website google sites  ini dapat digunakan sebagai media penunjang pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan, menguji kelayakan, serta mengetahui tingkat kepraktisan dari media digital berbasis google sites. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, (analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi). Subjek yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Rejomulyo 1 yang berjumlah 16. Hasil validasi menunjukkan bahwa uji validasi dari ahli materi mendapatkan penilaian sebesar 85,68%, sementara ahli media memperoleh penilaian sebesar 90,71%, dengan rata-rata kelayakan penilaian dari kedua ahli sebesar 88,19% memenuhi kriteria sangat layak berdasarkan indikator pada lembar validasi, yang berarti produk dapat diujicobakan di sekolah dasar. Hasil dari angket respon guru menunjukkan presentase sebesar 98,33%, sementara angket respon siswa menunjukkan presentase sebesar 93,57%. Berdasarkan respon dari guru dan siswa, bisa disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat praktis untuk digunakan sebagai penunjang kemampuan membaca pemahaman  teks narasi bagi siswa.


Keywords


Pengembangan, Google sites , Teks narasi

Full Text:

PDF

References


Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20–31. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891

Alami, Y. (2020). Media Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19. Tarbiyatu Wa Talim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 4956.

Amaliah, R. (2023). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Google sites Untuk Meningkatkan Literasi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Amarulloh, R. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dasar Berbasis Literasi Sains Dengan Menggunakan Google sites. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 9(2), 154–164. https://doi.org/10.36706/jipf.v9i2.19039

Arief, R. (2017). Aplikasi Presensi Siswa Online Menggunakan Google Forms, Sheet, Sites, Awesome Table dan Gmail. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, 137–144. https://core.ac.uk/download/pdf/289705217.pdf

Audia, C., Yatri, I., & Mawani, S. (2021). Development of Smart Card Media for Elementary Students. Journal of Physics: Conference Series, 1783. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012114

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Handayani, R. D. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Mobile-Learning Pada Mata Kuliah Optik Di Fkip Universitas Jember. Ta’dib, 17(1), 81–85. https://doi.org/10.31958/jt.v17i1.262

Harsanto, B. (2017). Inovasi Pembelajaran Di Era Digital Menggunakan Google sites Dan Media Sosial. In Universitas Padang.

Hidayat, A. (2021). Menulis Narasi Kreatif Dengan Model Project Based Learning Dan Musik Instrumental Teori Dan Praktik Di Sekolah Dasar. Deepublish.

Mardin, H., & Nane, L. (2020). Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Google sites Sebagai Media Pembelajaran Kepada Guru Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Boalemo. JURNAL ABDIMAS GORONTALO, 3(2), 78–82.

Muhyidi, A., Odin, R., & Salpariansi, E. (2018). Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan di Kelas Awal. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4 No. 1(ISSN 2540-9093 E-ISSN 2503-0558), 30–42.

Mukti, W. M., Puspita, Y. B., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google sites pada Materi Listrik Statis. Webinar Pendidikan Fisika 2020, 5(1), 51–59. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/21703/9143%0Ahttps://sites.google.com/view/fisikakuyess

Oktavia, N., Tanzimah, T., & Suryani, I. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tentang Teks Narasi Siswa Kelas V SD. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 203–211. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2599

Pubian, Y. M., & Herpratiwi. (2022). Penggunaan Media Google Site Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 163–172.

Purba, R. (2018). Improving the Achievement on Writing Narrative Text through Discussion Starter Story Technique. Advances in Language and Literary Studies, 9(1), 27–30. https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.9n.1p.27

Purnamasari, N. L. (2019). Metode Addie pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1), 23–30. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/pena-sd/article/view/1530

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089–3100. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1218

Putri, N. K., Yuberti, & Hasanah, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google sites Materi Hukum Newton Pada Gerak Benda. Physics and Science Education Journal ( PSEJ ), 1(3), 133–143.

Rijal, A. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 6(1), 81–96. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/

Rikmasari, R., & Lestari, M. (2018). Metode Pembelajaran PQ4R Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Di Bekasi. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2(2), 265–275.

Salsabila, F., & Aslam. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google sites Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6088–6096. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.962

Sari, H. V., & Suswanto, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 1008–1016.

Sari, R., Kurnia, I., & Laila, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Website Berbasis Google sites Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Nilai-Nilai Pancasila. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 774–785.

Sari, W. N., W, S. S., & Fajrie, N. (2023). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran dalam Materi Pembelajaran Ekosistem untuk Kelas V SD di Kecamatan Winong Kabupaten Pati Jawa Tengah. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(4), 2472–2480.

Simbolon, J. (2023). Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Penerapan Literasi di Sekolah. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(01), 162–171. https://doi.org/10.47709/jbsi.v3i01.2941

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sulasmianti, N. (2021). Pembelajaran Berbasis Web dengan Google sites. Jurnal Wawasan Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 1–11.

Sumiharyati, & Arikunto, S. (2019). Evaluasi Program In-Service Training Guru SMK di BLPT Yogyakarta Evaluation of an In-Service Training Program for Vocational Teachers in BLPT Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), 160–173. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/amp.v7i2.26654

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. JJurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262

Weni, D. M., & Isnani, G. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Blog. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 114–123.

Wulandary, R. W. (2017). Pengaruh Budaya Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV MI Al-Abrar Makassar. Skripsi. Makassar: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Yuriza, P. E., Adisyahputra, A., & Sigit, D. V. (2018). Correlation between higher-order thinking skills and level of intelligence with scientific literacy on junior high school students. Biosfer, 11(1), 13–21. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.11-1.2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prisma Felindasari, Hartini Hartini, Suyanti Suyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.