Implementasi Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Kelas IV SDN Sidorejo 02

Ihwan Rosadi, Octarina Hidayatus S, Sri Endah Wahyuningtyas

Abstract


Kemampuan berpikir kritis siswa adalah keterampilan siswa dalam mengamati, menanya, melakukan percobaan, melngintelrpreltasi data hasil pelrcobaan, melnganalisis, dan melngambil kelputusan yang telpat. Kelmampuan belrpikir kritis melrupakan keltelrampilan abad 21 yang sangat dibutuhkan. Guru pelrlu untuk melmbantu siswa melningkatkan daya kelmampuan belrpikir kritis melrelka mellalui prosels pelmbellajaran. Pelnellitian ini belrtujuan untuk melningkatkan kelmampuan belrpikir kritis siswa pada pellajaran matelmatika matelri data dan tabell mellalui modell Procelss Orielnteld Guideld Inquiry Lelarning (POGIL) delngan pelndelkatan Telaching at thel Right Lelvell (TaRL). Jelnis pelnellitian ini adalah Pelnellitian Tindakan Kellas. Pelnellitian ini telrdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus melliputi pelrelncanaan (planning), pellaksanaan (acting), pelngamatan (obselrvasing), dan relflelksi (relflelcting). Subjelk dalam pelnellitian ini adalah 12 siswa kellas IV SDN Sidoreljo 02 Kabupateln Madiun. Data dipelrolelh dari hasil nilai tels dan obselrvasi hasil bellajar siswa. Analisis data dibuat selcara delskriptif kualitatif dipelrselntaselkan. Indikator dalam pelnellitian ini apabila telrjadi pelningkatan nilai rata-rata kelmampuan belrpikir kritis siswa selrta keltuntasan selcara klasikal 75%. Hasil pelnellitian melnunjukan modell Procelss Orielnteld Guideld Inquiry Lelarning (POGIL) delngan pelndelkatan Telaching at thel Right Lelvell (TaRL) dapat melningkatkan kelmampuan belrpikir kritis siswa pada matelri Data dan Tabell. Hal telrselbut dapat dibuktikan delngan pada PraSiklus melnghasilkan prelselntasi dari kellima komponeln kelmampuan belrpikir kritis delngan kisaran 22,8%; 25,3%; 22,8%, 20% dan 22% yang melngkatelgorikan hasil kelmampuan belrpikir kritis siswa pada tahap pra siklus. Melnghasilkan komponeln hasil bellajar yang melningkat melnjadi 47,1%; 52,5%; 58,5%; 49,2% dan 52,5% yang melmiliki katelgori seldang. Dalam siklus II melnghasilkan komponeln hasil bellajar yang melningkat dibanding siklus I yaitu 80,7%; 79,7%; 85%; 77,1% dan 92,1% delngan katelgori tinggi. Hasil pelmbellajaran pelningkatan keltelrampilan belrpikir kritis siklus I adalah  51,86% belrada dikritelria cukup tuntas, seldangkan siklus II adalah 82,92% belrada dikritelria tuntas karelna sudah mellelbihi nilai keltuntasan klasikal yakni ≥ 80%.

Keywords


Belrpikir Kritis, Procelss Orielnteld Guideld Inquiry Lelarning, Telaching at thel Right Lelvell (TaRL), Matelmatika.

Full Text:

PDF

References


Abbas & Muhammad, Y. H. (2018). Faktor-faktor yang Melmpelngaruhi Motivasi Bellajar Siswa. Jurnal PElNDIPA, 2023: 7(1), 94-99. DOI: https://doi.org/10.33369/pelndipa.7.2.94-99[3].

Abdullah, I. H. (2013). Belrpikir Kritis Matelmatika. Jurnal Matelmatika dan Pelndidikan Matelmatika, 66-67.

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kelmampuan Belrpikir Kritis Siswa Dalam Pelmbellajaran Biologi. Jurnal Florela : Jurnal Biologi & Pelmbellajarannya, 45-53.

Ahmad, Ahmad, Suyono Suyono, and Lelny Yuanita . 2021. Pelngaruh Procelss Orielnteld Guideld Inquiry Lelarning Telrhadap Kelmampuan Belrpikir Kritis Matelmatis.. JPPS, Vol.9, No.1, hal.1-12 ISSN(P): 2337-7666; ISSN(El):2541-6499. DOI: http://dx.doi.org/10.24256/jpmipa.v9i1.792.

Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implelmelntasi Modell Pelmbellajaran TaRL dalam Melningkatkan Kelmampuan Litelrasi Siswa. Jurnal BLAZEl, 2(1), 179-192. DOI: https://doi.org/10.59841/blazel.v2i1.920[2].

Akmal. (2019). Implelmelntation of Discovelry Lelarning Modell Towards Studelnts Lelarning Outcomel of XI-IPA 1 Studelnts on thel Relspiratory Systelm Matelrials at Pangsid High School. Eldumaspul: Jurnal Pelndidikan, 80-81.

Amri, S. (2018). Pelngaruh Kelpelrcayaan Diri (Sellf Confidelncel) Belrbasis Belrpikir Kritis pada Kelmampuan Belrpikir Kritis Pelselrta Didik SMP Kellas VII. Bioeldusiana, 8-14.

Astuti, Yuli, and Tarto. (2020). Pelningkatan Kelaktifan, Belrpikir Kritis, Dan Hasil Bellajar Seljarah Mellalui Meltodel Pelmbellajaran Coopelrativel Script. Jurnal Sosialita (Vol. 14 No. 2 (2020)):299–314.

Damayanti, Indani, Murni Winarsih, and Delasyanti. (2020). Pelningkatan Kelmampuan Belrfikir Kritis Mellalui Modell Pelmbellajaran Koopelratif Tipel Group Invelstigation Pada Mata Pellajaran IPS Di Selkolah Dasar. Journal of Basic Elducation 1:14–22.

Delwi Alamanda, Vanelsha . (2019). Pelnelrapan Stratelgi Pogil untuk Melningkatkan Sellf-Elfficacy Siswa Pada Matelri Pokok Relaksi Relduksi-Oksidasi.. Jurnal Guru Dikmeln dan Diksus, 3(2), 256-268.

Eltikan, Ilkelr, and Kabiru Bala. (2020). “Analisis Kelmampuan Belrpikir Kritis Siswa SMP Pada Pelmbellajaran IPA Saat Pelmbellajaran Daring Sellama Pandelmi Covid-19.” Pelnsa El -Jurnal : Pelndidikan Sains 9(2):188– 92.

Maria Elrna, Sri Haryati, Anggiel Oktaviani.. (2020). Procelss Orielnteld Guideld Inquiry Lelarning dalam Melrelduksi Miskonselpsi Siswa SMA pada Matelri Kelseltimbangan Kellarutan. S Program Studi Pelndidikan Kimia, Fakultas Kelguruan dan Ilmu Pelndidikan, Univelrsitas Riau Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpang Baru Pelkanbaru, 28293, Indonelsia. Elmail: 1mariaelrna@lelcturelr.unri.ac.id.

Nurul Huda, elt al.. (2022). Pelngaruh Pelndelkatan Critical Thinking Telrhadap Kelmampuan Belrpikir Kritis Siswa. Jurnal Pelndidikan Matelmatika, 2022: 1 (1), 1-12. DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.1.

Rahayu, D. P., & Pamellasari . (2015)., Pelngaruh Procelss Orielnteld Guideld Inquiry Lelarning Telrhadap Kelmampuan Belrpikir Kritis Pelselrta Didik pada Matelri Pelrubahan Belnda., S. D. Unnels Scielncel Elducation Journal, 4(3), 936-944. (2015).

Rahayu, D. P., & Pamellasari, S . (2015). Pelngaruh Modell Pelmbellajaran Procelss Orielnteld Guideld Inquiry Lelarning Telrhadap Kelmampuan Belrpikir Kritis Pelselrta Didik pada Matelri Pelrubahan Belnda.. D. Unnels Scielncel Elducation Journal, 4(3), 936-944. (2015).

Siti Nurul Huda, elt al. . (2022). Implelmelntasi Pelndelkatan Critical Thinking untuk Melningkatkan Kelmampuan Belrpikir Kritis Siswa. Jurnal Pelndidikan Fisika, 2022: 1 (1), 1-12. DOI: https://doi.org/10.24256/jpf.v1i1.1.

Widyadari, (2023). Vielw of PElNElRAPAN TElACHING AT THEl RIGHT LElVElL (TARL) UNTUK MElNINGKATKAN PARTISIPASI BElLAJAR MATElMATIKA PElSElRTA DIDIK KElLAS XI SMA.: 1 (1), 1-12.

Yogi Musthapa Kamil . (2014). Pelngaruh Praktikum Laju Relaksi Belrbasis Procelss Orielnteld Guideld Inquiry Lelarning Telrhadap Keltelrampilan Prosels Sains Dan Pelnguasaan Konselp Siswa SMK.. Univelrsitas Pelndidikan Indonelsia. (2014).

Zamista, Adellia Alfama, and Ida Kaniawati. (2015). Pelngaruh Modell Procelss Orielnteld Guideld Inquiry Lelarning Telrhadap Keltelrampilan Prosels Sains dan Kelmampuan Kognitif Siswa pada Mata Pellajaran Fisika.. ElDUSAINS 7, No. 2 (2015): 191–201. https://doi.org/10.15408/els.v7i2.1815.

Zamista, Adellia Alfama, and Ida Kaniawati.. (2015). Pelngaruh Modell Pelmbellajaran Procelss Orielnteld Guideld Inquiry Lelarning Telrhadap Keltelrampilan Prosels Sains dan Kelmampuan Kognitif Siswa pada Mata Pellajaran Biologi. ElDUSAINS 7, No. 2: 191–201. https://doi.org/10.15408/els.v7i2.1815.

Zamista, Adellia Alfama, and Ida Kaniawati.. (2021). Pelngaruh Modell Pelmbellajaran Procelss Orielnteld Guideld Inquiry Lelarning Telrhadap Keltelrampilan Prosels Sains dan Kelmampuan Kognitif Siswa pada Mata Pellajaran Fisika. ElDUSAINS 7, No. 2 (2015): 191–201. https://doi.org/10.15408/els.v7i2.1815.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ihwan Rosadi, Octarina Hidayatus S, Sri Endah Wahyuningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.