Pembelajaran Berbasis Google Sites pada Mata Pelajaran IPS : Literatur Review

Sri Sulistianing Vidiana, Rahayu Nur A’ini, Haifa Halimatus Saidah, Nensi Evita Febrianti, Liana Vivin Wihartanti

Abstract


Teknologi yang berkembang pesat saat ini telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang pendidikan. Penggunaan teknologi dalam pendidikan dapat memberikan dampak positif, salah satunya melalui pemanfaatan aplikasi Google Sites dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pemilihan media pembelajaran merupakan alternative demi terlaksananya proses belajar dan mengajar yang menyenangkan. Google Sites memungkinkan guru untuk mengorganisir dan menyajikan materi pembelajaran secara terstruktur dan mudah diakses oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran Google Sites terhadap mata pelajaran IPS. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kepustakaan (literatut review). Teknik pemilihan literature review berdasarkan kata kunci media Google Sites. Literatur Review ini didapatkan dengan teknik pengumpulan data melalui penelaah jurnal nasional yang terakreditasi pada laman Google Scholar dengan batas publikasi 10 tahun terakhir. Studi kepustakaan ini menggunakan matriks sintesis berdasarkan sumber rujukan, jenis sampel, metode, intervensi, dan hasil temuan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah terdapat 10 jurnal nasional yang telah dianalisis berdasarkan sumber rujukan, jenis sampel, metode penelitian, intervensi yang diberikan hingga temuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Platform pembelajaran menggunakan Google Sites ini merupakan alat yang efektif untuk meningkatkan pengalaman belajar, mendorong kolaborasi, dan mempermudah pengelolaan serta penyajian materi dengan cara yang menarik dan mudah diakses

Keywords


Google Sites, IPS, Media Pembelajaran, Teknologi, Website.

Full Text:

PDF

References


Dewi, Maulina Ismaya. 2022. “Membangun Konsentrasi Belajar Siswa Melalui Google Sites Sebagai Kontrol Akses.” Jurnal Guru Inovatif 55–64.

Efendi, Bintang Muhammad Sahara, and Nailul Insani. 2024. “Implementasi E-Modul Berbantuan Google Sites Dengan Model PBL Dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran 4(1):402–16. doi: 10.51574/jrip.v4i1.1406.

Huda, Achmad Ali Nur, Ali Fausan Tanal, Ria Zulkha Ermayda, and Sri Hayati. 2022. “Prosiding National Seminar on Accounting , Finance , and Pemanfaatan Google Sites Sebagai Media Praktik Pembelajaran Administrasi Perpajakan.” Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE) 2(4):114–22.

Ismawati, Ike, Nila Mutia, Nurhikmah Fitriani, and Salma Masturoh. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Materi Gelombang Bunyi.” Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika 2(2):140–46. doi: 10.30998/sch.v2i2.4348.

Mukti, Widya Mutiara, Yudhia Bella Puspita, and Zanetti Dyah Anggraeni. 2020. “Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Materi Listrik Statis.” Webinar Pendidikan Fisika 2020 5(1):51–59.

Nuzullailila, Asih, and Victor Novianto. 2022. “Penggunaan Media Google Site Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas VII SMP.” Proceedings Series on Social Sciences & Humanities 3:16–23. doi: 10.30595/pssh.v3i.284.

Putri, Dhiny Avriliamin, and Vivi Pratiwi. 2022. “Pengembangan Multimedia Interaktif DIGITAX (Digital Tax Administration Media) Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak Kelas XI SMK.” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 10(2):94–105. doi: 10.26740/jpak.v10n2.p94-105.

Sapulete, Heppy, Angga Priakusuma, Everhard Markiano Solissa, Iin Dwi Aristy Putri, Klemens Mere, Program Studi Pendidikan Fisika, Guru Pjok, Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Program Studi Manajemen, Universitas Pattimura, Sma Negeri, Universitas Cokroaminoto Palopo, and Universitas Wisnuwardhana Malang. 2023. “Efektivitas Penggunaan Media Google Site Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.” Journal on Teacher Education 5(1):94–100.

Saputra, Devin Ardhi, and Nofrion. 2022. “Pengembangan LMS Berbasis Google Sites Untuk Mengembangkan HOTS Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi.” Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 7(3):206–20.

Slamet, Slamet, and Sriyanto Sriyanto. 2022. “Penggunaan Media Pembelajaran IPS Berbasis Google Sites Di SMP Negeri 2 Gandrungmangu.” Proceedings Series on Social Sciences & Humanities 3:152–58. doi: 10.30595/pssh.v3i.372.

Wahyuni, Eriska, Nefilinda Nefilinda, and Ade Irma Suryani. 2022. “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Di SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu.” LaGeografia 21(1):80. doi: 10.35580/lageografia.v21i1.36079.

Waryana. 2021. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS.” EDUTECH: Journal of Technology Assisted Education Innovation 1(3):259–67.

Wulandari, Stevi, and Ni’matuz Zuhroh. 2023. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE GOOGLE SITES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.” Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial 1(1). doi: 10.56248/educativo.v1i1.40.

Yuliananda, Qonita Putri, and Norida Canda Sakti. 2022. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DALAM BENTUK GOOGLE SITES UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI IPS.” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) 7(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sri Sulistianing Vidiana, Rahayu Nur A’ini, Haifa Halimatus Saidah, Nensi Evita Febrianti, Liana Vivin Wihartanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.