Peningkatan Self Esteem melalui Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Discussion pada Siswa Kelas VIII D SMPN 2 Madiun

Elsa Nadila, Ibnu Mahmudi, Ratna Yuliana Maria

Abstract


Remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa yang diiringi dengan perubahan-perubahan secara fisik maupun psikis seperti kognitif atau sosial emosinya. Masa remaja merupakan sebuah periode yang didalamnya membahas hubungan mekanisme penyesuain psikologi dengan kondisi sosial yang dapat mempengaruhi keadaan tersebut. Remaja membutuhkan self esteem untuk melakukan tugas perkembangannya dan memperngaruhi bagaimana peserta didik menilai diri mereka sendiri dan bagaimana peserta didik dapat berinteraksi dengan lingkungan. Nurmin memberikan pendapat, bahwa dengan bertambahnya usia remaja, maka remaja akan tertarik pada tugas perkembangannya yang berkaitan dengan pendidikannya. Maka dari itu, peserta didik membutuhkan self esteem yang baik untuk merealisasikan keinginannya tentang pendidikan, Self esteem yang tinggi membangkitkan rasa percaya diri, rasa penghargaan diri dan keyakinan pada keampuan yang dimiliki seseorang. Tujuan pelaksanaan kegiatan iniadalah untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan self esteem yang dimiliki, upaya peningkatan dilakukan dengan bimbingan kelompok yang melibatkan sejumlah peserta didik yang memiliki hasil yang cukup rendah dari angket yang disebar. Bimbingan kelompok yang dilakukan menggunakan Teknik problem solving discussion. Media yang digunakan dalam kegiatan ini adalah media papan pinball, media tersebut dapat membantu peserta didik dalam mengikuti bimbingan kelompok selain itu bertujuan agar alur dari bimbingan kelompok dapat terlaksana dengan baik. Berdasakan penelitian Meiske Puluhulawa, Moh. Rizki Djibran dan Mohamad Rizal Pautina menyatakan bahwa Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan self-esteem siswa karena memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengemukakan pendapat, saling menghargai, dan mengembangkan dinamika kelompok yang positif. Penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Zamzanah, Rasimin dan Affan Yusra juga menyatakan bahwa tindakan layanan bimbingan kelompok yang telah dilakukan, dapat meningkatkan self esteem. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan melibatkan 6 sampel dari satu kelas dengan jumlah keseluruhan 30 peserta didik. Berdasarkan siklus yang dilakukan, didapatkan peningkatan disetiap pertemuan layanan. Pada rata-rata pre-test dihasilkan nilai 63, siklus 1 mendapatkan hasil rata-rata 84,7 sedangkan pada siklus 2 mendapatkan nilai rata-rata 105,9. Hal ini menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok yang telah dilakukan oleh peneliti dapat meningkatkan self esteem peserta didik. 

Keywords


Bimbingan Kelompok, Self Esteem, Remaja, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ajhuri, K. F. (2019). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN. Penebar Media Pustaka.

Aunillah, F., & Adiyanti, M. G. (2015). Program Pengembangan Keterampilan Resiliensi untuk Meningkatkan Self-esteem pada Remaja. GADJAH MADA JOURNAL OF PROFESSIONAL PSYCHOLOGY, 1(1), 48–63.

Awlawi, A. H. (2013). TEKNIK BERMAIN PERAN PADA LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM. Konselor, 2(1), Article 1. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/887

Dachmiati, S., & Amalia, R. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa. JURNAL FOKUS KONSELING, 3(2), 148. https://doi.org/10.26638/jfk.405.2099

Fahriza Amalia & Heri Saptadi Ismanto. (2023). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANGSRI. JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2), 132–140. https://doi.org/10.24905/jcose.v5i2.138

Ghufron, M., & Risnawati, R. (2014). Teori-teori Psikologi. Ar Ruzz Media. https://perpustakaan.jakarta.go.id/book/detail?cn=INLIS000000000781077

Hurlock, E. B. (2000). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.

Ilmiati, E. (2020). PENGGUNAAN TEKNIK PROBLEM SOLVING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENURUNKAN KESULITAN BELAJAR SISWA SMP. Prosiding Seminar& Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling, PD ABKIN JATIM & UNIPA SBY.

Irawati, N., & Hajat, N. (2012). HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI (SELF ESTEEM) DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMKN 48 DI JAKARTA TIMUR. Jurnal Ilmiah Econosains, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.21009/econosains.0102.04

Jannah, M. (2017). REMAJA DAN TUGAS-TUGAS PERKEMBANGANNYA DALAM ISLAM. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v1i1.1493

Nasimah, S. (2009). Hubungan Self esteem Dengan Orientasi Masa Depan Pada Remaja [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Ghalia Indonesia.

Preska, L., & Wahyuni, Z. I. (2019). Pengaruh Dukungan Sosial, Self-Esteem Dan Self-Efficacy Terhadap Orientasi Masa Depan Pada Remaja Akhir. TAZKIYA: Journal of Psychology, 5(1). https://doi.org/10.15408/tazkiya.v22i1.8160

Puluhulawa, M., Djibran, M. R., & Pautina, M. R. (2017). LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DAN PENGARUHNYA TERHADAP SELF-ESTEEM SISWA. PROCEEDING SEMINAR DAN LOKAKARYA NASIONAL REVITALISASI LABORATORIUM DAN JURNAL ILMIAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS KKNI.

Putri, T. H., Tafwidhah, Y., Fujiana, F., Maharani, D., & Miptaza, D. P. (2023). Cegah Depresi Remaja Melalui Edukasi dalam Meningkatkan Pengetahuan Harga Diri. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(11), 4566–4574. https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i11.12329

Rahman, A. A. (2013). Psikologi Sosial: Integrasi Pengetahuan Wahyu Dan Pengetahuan Empirik. Rajawali.

Refnadi, R. (2018). Konsep self-esteem serta implikasinya pada siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), Article 1.

Rusmana, N. (2009). Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah: Metode, Teknik, dan Aplikasi. Rizqi Press.

Santrock, J. W., Mondloch, C. J., MacKenzie-Thompson, A., & Mackenzie, A. (2020). Essentials of Life-Span Development. McGraw-Hill Education.

Sasmita, H., Neviyarni, Karneli, Y., & Nertawati. (2021). Meningkatkan Self Esteem Remaja Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral Therapy. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 2(1), 32–43.

Tracy, B. (2003). CHANGE YOUR THINKING, CHANGE YOUR LIFE. John Wiley & Sons, iNC.

Zamzanah, Rasimin, & Yusra, A. (2023). Upaya Meningkatkan Self-Esteem (Harga Diri) pada Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMP N 19 Kota Jambi. 7(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Elsa Nadila, Ibnu Mahmudi, Ratna Yuliana Maria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.