Peningkatan Self Esteem melalui Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Discussion pada Siswa Kelas VIII D SMPN 2 Madiun
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajhuri, K. F. (2019). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN. Penebar Media Pustaka.
Aunillah, F., & Adiyanti, M. G. (2015). Program Pengembangan Keterampilan Resiliensi untuk Meningkatkan Self-esteem pada Remaja. GADJAH MADA JOURNAL OF PROFESSIONAL PSYCHOLOGY, 1(1), 48–63.
Awlawi, A. H. (2013). TEKNIK BERMAIN PERAN PADA LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM. Konselor, 2(1), Article 1. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/887
Dachmiati, S., & Amalia, R. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa. JURNAL FOKUS KONSELING, 3(2), 148. https://doi.org/10.26638/jfk.405.2099
Fahriza Amalia & Heri Saptadi Ismanto. (2023). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANGSRI. JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2), 132–140. https://doi.org/10.24905/jcose.v5i2.138
Ghufron, M., & Risnawati, R. (2014). Teori-teori Psikologi. Ar Ruzz Media. https://perpustakaan.jakarta.go.id/book/detail?cn=INLIS000000000781077
Hurlock, E. B. (2000). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.
Ilmiati, E. (2020). PENGGUNAAN TEKNIK PROBLEM SOLVING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENURUNKAN KESULITAN BELAJAR SISWA SMP. Prosiding Seminar& Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling, PD ABKIN JATIM & UNIPA SBY.
Irawati, N., & Hajat, N. (2012). HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI (SELF ESTEEM) DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMKN 48 DI JAKARTA TIMUR. Jurnal Ilmiah Econosains, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.21009/econosains.0102.04
Jannah, M. (2017). REMAJA DAN TUGAS-TUGAS PERKEMBANGANNYA DALAM ISLAM. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v1i1.1493
Nasimah, S. (2009). Hubungan Self esteem Dengan Orientasi Masa Depan Pada Remaja [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Ghalia Indonesia.
Preska, L., & Wahyuni, Z. I. (2019). Pengaruh Dukungan Sosial, Self-Esteem Dan Self-Efficacy Terhadap Orientasi Masa Depan Pada Remaja Akhir. TAZKIYA: Journal of Psychology, 5(1). https://doi.org/10.15408/tazkiya.v22i1.8160
Puluhulawa, M., Djibran, M. R., & Pautina, M. R. (2017). LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DAN PENGARUHNYA TERHADAP SELF-ESTEEM SISWA. PROCEEDING SEMINAR DAN LOKAKARYA NASIONAL REVITALISASI LABORATORIUM DAN JURNAL ILMIAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS KKNI.
Putri, T. H., Tafwidhah, Y., Fujiana, F., Maharani, D., & Miptaza, D. P. (2023). Cegah Depresi Remaja Melalui Edukasi dalam Meningkatkan Pengetahuan Harga Diri. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(11), 4566–4574. https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i11.12329
Rahman, A. A. (2013). Psikologi Sosial: Integrasi Pengetahuan Wahyu Dan Pengetahuan Empirik. Rajawali.
Refnadi, R. (2018). Konsep self-esteem serta implikasinya pada siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), Article 1.
Rusmana, N. (2009). Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah: Metode, Teknik, dan Aplikasi. Rizqi Press.
Santrock, J. W., Mondloch, C. J., MacKenzie-Thompson, A., & Mackenzie, A. (2020). Essentials of Life-Span Development. McGraw-Hill Education.
Sasmita, H., Neviyarni, Karneli, Y., & Nertawati. (2021). Meningkatkan Self Esteem Remaja Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral Therapy. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 2(1), 32–43.
Tracy, B. (2003). CHANGE YOUR THINKING, CHANGE YOUR LIFE. John Wiley & Sons, iNC.
Zamzanah, Rasimin, & Yusra, A. (2023). Upaya Meningkatkan Self-Esteem (Harga Diri) pada Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMP N 19 Kota Jambi. 7(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Elsa Nadila, Ibnu Mahmudi, Ratna Yuliana Maria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.