Prokrastinasi Santri dalam Menghafal Al-Qur'an: Perspektif Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya

Annas Syamsur Rosyidi, Tyas Martika Anggriana, Beny Dwi Pratama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memahami suatu hubungan antara efikasi diri, dukungan sosial teman sebaya, dan kecenderungan prokrastinasi santri dalam menghafalkan Al-qur’an di pesantren. Penelitian ini menggunakan studi literatur sebagai metode penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan meninjau berbagai penelitian pustaka yang diperlukan dan sesuai dengan indikator penelitian. Sampel yang diambil dalam penelitian ini santri yang sudah masuk kelas Tahfidz yang dimana pencapaian target hafalan mereka sangatlah minim dan sering kali masuk catatan santri yang kurang aktif dalam mengikuti kegiatan Tahfidz. Melalui analisis literatur yang komprehensif, ditemukan bahwa peningkatan efikasi diri dan dukungan sosial yang kuat dari teman sebaya dapat secara signifikan mengurangi tingkat prokrastinasi dan meningkatkan efektifitas hafalan Al-qur’an santri. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan sebuah wawasan baru dan rekomendasi yang praktis bagi para pendidik dan pengelola pesantren dalam upaya mengurangi prokrastinasi dan meningkatkan prestasi hafalan Al-qur’an santri.


Keywords


Prokrastinasi Menghafal Al-Qur’an, Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya.

Full Text:

PDF

References


Hamid Darmadi. (2014). Metode penelitian pendidikan dan sosial : (teori konsep dasar dan implementasi). Alfabeta.

Jannah, R., Yuzarion, Y., & Purwadi, P. (2022). Hubungan Efikasi Diri Terhadap Prokrastinasi Pada Santri Tahfidz Qur’an. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 13(2), 116–120. https://doi.org/10.15548/alqalb.v13i2.4280

Mutaqim. (2022). Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Dan Penyesuaian Diri Terhadap Kesiapan Belajar Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling), 6(1), 59–64.

Siswa, M. (2015). Tabel . Hitung. 89–91.

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). CV.Alfabeta.

Sulaiman, A. R., Saprin, & Wahyuni Ismail. (2023). Regulasi Diri, Efikasi Diri Dan Prokrastinasi Santri Pondok Pesantren Al-Imam Ashim Makassar Dalam Menghafal Alquran. Istiqra, 11(1), 91–108. https://doi.org/10.24239/ist.v11i1.1994

Waro, M. A. Al, Minchatul’Ulya, R., & ... (2023). Pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap motivasi menghafal Alquran siswa di Sekolah Dasar Ta’miriyah Surabaya. Ta’dibuna: Jurnal …, 12(5), 472–481. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i5.15065

Wiyarti, H. A., & Setyawan, I. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Prokrastinasi Menghafal Al-Qur’an Pada Santri Di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta. Jurnal EMPATI, 6(4), 33–36. https://doi.org/10.14710/empati.2017.19985

Yogi Nurani, B., & Martika Anggraini, T. (2019). Pengaruh Self Awareness Dan Dukungan Teman Sebaya Terhadap Kematangan Karir Siswa. Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 76–84.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Annas Syamsur Rosyidi, Tyas Martika Anggriana, Beny Dwi Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.