Implemetasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Literasi dalam Pembelajaran IPAS pada SD Negeri Krajan 2

Anisa Renis Widya Putri, Dwi Nila Andriani, Karunia Atik Nurba'in

Abstract


Pendidikan adalah upaya penting untuk secara aktif belajar dan mengembangkan potensi melalui proses pengajaran dan pembelajaran, metode, dan pendekatan. Beberapa studi menunjukkan bahwa pendidikan Indonesia harus berfokus pada keterampilan literasi yang dimana dikategorikan kurang karena pengaruhnya pada era teknologi sehingga untuk social yang mengkhawatirkan. Literasi adalah kemampuan untuk memahami informasi selama proses belajar, serta kemampuan untuk mempelajari dan mengerti informasi untuk pertumbuhan pribadi. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji lebih mendalam mengenai program kampus mengajar dan implementasinya di lembaga pendidikan yang dimana peran mahasiswa sangatlah penting. Metode penelitian yang digunakan adalah review literatur atau desain studi, yang melibatkan berbagai sumber seperti buku, artikel, dan makalah penelitian.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya program Kampus Merdeka Mengajar berpengaruh pada kualitas pendidikan di Indonesia mampu meningkatkan budaya literasi  semua mata pelajaran terkhususnya pada penelitian ini yaitu pembelajaran IPAS pada SD Negeri Krajan 2.

Keywords


Kampus Mengajar, Literasi, Pembelajaran IPAS

Full Text:

PDF

References


Anisa, A. R., & Ipungkarti, A. A. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. 01(01).

Aziz, Annisa Ningtias Cevie Putri , Ayi Sobarna, Helmi. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Literasi dalam Pembelajaran Sejarah Islam pada Sekolah Dasar Berbasis Pesantren SD IT Al-Maqom Kota Cimahi. bandung: Bandung Conference Series: Islamic Education.

Fidiawati, A. T., Agustina, N. R., Andriani, D. N., Pd, S., & Pd, M. (n.d.). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Kegiatan GLS Terhadap Minat Membaca Siswa Di SDN BUNGKUK.

Kemendikbud.(2022). Apa itu Program Kampus Mengajar. https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/4418812047897-Apa-itu-Program-Kampus-Mengajar. Diakses pada 18 Juni 2024 Pukul 17.15 WIB.

Kurniasari, S., Yunus, M., Hunggaita, N. A., Sugianti, S., Regita E. Ali, A. P., Ismail, A., Aprilia, T. D., & Alfan Habibi, M. A. (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 3 SEBAGAI WUJUD KONTRIBUSI BELAJAR SAMBIL BERDAMPAK. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(1), 17–27. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i1.1061

Lestari, Khusnul Fatonah, Alfian, Sri. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR SWASTA NURANI JAKARTA. Jakarta.

Sobur, M. F., & Fatonah, U. (2023). PROGRAM KAMPUS MENGAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN LITERASI, NUMERASI DAN ADAPTASI TEKNOLOGI DI SDN CINANGKA 0. 3(1).

Triandini, E., Fauzan, R., Siahaan, D. O., Rochimah, S., Suardika, I. G., & Karolita, D. (2022). Software similarity measurements using UML diagrams: A systematic literature review. Register, 8(1), 10-23.

Waluyati, Ida, et al. "Peningkatan Literasi Dan Numerasi Melalui Penerapan Metode Tadabur Alam Pada Pembelajaran IPS di SMPN 10 Lambu SATAP." Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2.2 (2023): 108-115.

Yuliati, Y. (2017). LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anisa Renis Widya Putri, Dwi Nila Andriani, Karunia Atik Nurba'in

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.