Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XA Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMAN 6 Madiun

Maya Dwi Andini, Mahfud Fauzi

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Thrawing dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang didalamnya terdapat beberapa rangkaian siklus kegiatan pembelajaran. Sampel penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas XA SMAN 6 Madiun yang berjumlah 38 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berupa tes tertulis. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, yaitu yang pertama pada pra Siklus, yang kedua pada sikuls I dan yang ketiga yaitu pada siklus ke II. Pada tahap pra siklus guru menggunakan metode ceramah dengan media PPT untuk pengambilan data awal. Untuk tahapan selanjutnya yaitu pada kegiatan siklus I dan siklus II guru menerapkan model pembelajaran Snowball Thrawing. Indikator keberhasilan penelitian ini dapat ditunjuan dengan hasil kenaikan nilai rata-rata kelas dan juga presentasi ketuntasan pada setiap tahap siklus kegiatan pembelajaran. Nilai rata-rata pada tahap pra siklus 69, untuk siklus I yaitu  76 dan untuk siklus II yaitu 83. Untuk presentase ketuntasan pada peserta didik kelas XA SMAN 6 Madiun juga mengalami peningkatan pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dengan presentase ketuntasan yaitu pada pra siklus 45%, pada siklus 1 yaitu 79% dan untuk siklus 2 yaitu 89%. Dari hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Snowball Thrawing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XA SMAN 6 Madiun.


Keywords


Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Snowball Thrawing

Full Text:

PDF

References


Akhmad sudrajad. (2003). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. Pengertian Pendekatan,Strategi,Metode,Teknik,Taktik Dan Model Pembelajaran, 1, 2–3.

Asril, Jaenam, Syahrizal, Armalena, & Yuherman. (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Demokrasi dan Nasionalisme Pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1300–1309. https://jim.usk.ac.id/sejarah

Nurrita, T. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.

Silviana Nur Faizah. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Maya Dwi Andini, Mahfud Fauzi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.