Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Teaching at The Right Level Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPAS

Marselia Wahyu Ria Indrianti, Rosita Ambarwati, Nunik Widiastutiningsih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS mlelalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan mengintegrasikan pendekatan pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL). Penelitian ini ternasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & McTaggart. Penelitian dilakukan di SDN Tempursari 02 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV sejumlah 13 peserta didik. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus, yang setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran PBL yang terintegrasi pendekatan TaRL secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Tempursari 02. Hal ini terlihat dari perbandingan sesudah dan sebelum diterapkannya model pembelajaran PBL terintegrasi TaRL adanya peningkatan mulai dari fase prasiklus yang tingkat ketuntasannya mencapai 23%, pada siklus I menjadi 54% dan pada siklus II mencapai 85%. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada fase prasiklus sebesar 59,2 dan pada siklus I 71,5 lalu pada siklus akhir atau siklus II mencapai 83,8.


Keywords


Problem Based Learning (PBL); Teaching at The Right Level (TaRL); Hasil Belajar Kognitif

Full Text:

PDF

References


Abarang, N., & Delviany, D. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 1(2), 46. https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.28570

Ahyar, Nurhidayah, & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.

As’ad, M. C., Sulistyarsi, A., & Sukirmawati, J. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar kognitif Siswa kelas X pada Materi Inovasi Teknologi Biologi SMA. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.4366

Asrobanni, N., Lestari, H., & Rukiyah, S. (2024). Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Teaching At The Right Level Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teks Tanggapan Siswa Di Kelas VIII.3 Smp Negeri 10 Palembang. Jurnal Sains Students and Research, 2(2), 45–54.

Dogani, B. (2023). Active learning and effective teaching strategies. International Journal of Advanced Natural Sciences and Engineering Researches, 7(4), 136–142. https://doi.org/10.59287/ijanser.2023.7.4.578

Jumadin, & Supandi. (2024). Penerapan Model PBL Berpendekatan Teaching at the Right Level ( TaRL ) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMKN 7 Semarang. 22(1), 698–710.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer Science & Business Media.

Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan TarlModel PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(6), 620–627. Retrieved from https://doi.org/10.5281/zenodo.8139269

Nugroho, A. W., Puspita, V. P., & Fajar, W. N. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatakan Motivasi Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ipas Kelas V Sdn 1 Pliken, Banyumas. Cendikia Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 349–363.

Salim, Karo-karo, I. R., & Haidir. (2019). PENELITIAN TINDAKAN KELAS:Teori dan Aplikasi Bagi Mahasiswa Guru Mata Pelajaran Umum dan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Medan: Perdana Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Marselia Wahyu Ria Indrianti, Rosita Ambarwati, Nunik Widiastutiningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.