Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Kalimat Fakta dan Opini dengan Media Wordwall di SDN 2 Tladan Magetan

Muhamnad Farihin Abdul Fatah, Ikhfani Ardan Fadiana Putra, Welda Ferdian Aldofa, Nia Pria Kurniasari, Jingga Vicy Wijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media pembelajaran Wordwall dalam materi Kalimat Fakta dan Opini Bahasa Indonesia di SDN 2 Tladan Magetan. Media Wordwall dirancang sebagai platform interaktif yang diharapkan memudahkan siswa dalam membedakan antara fakta dan opini melalui berbagai aktivitas menyenangkan dan menantang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek siswa Kelas 3,4,5, dan 6 SDN 2 Tladan Magetan. Pada proses penelitian dapat disimpulkan bahwa hampir keseluruhan siswa dapat memahami materi dengan sedikit penjelasan yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Wordwall dapat membantu pemahaman siswa terhadap konsep kalimat fakta dan opini serta meningkatkan keterampilan literasi mereka secara keseluruhan dengan suasana belajar yang menyenangkan.

Keywords


Kalimat Fakta dan Opini; Bahasa Indonesia; Wordwall

Full Text:

PDF

References


Naimah, Laila Faza, Rizky Aprilia, Fitriani Nuraisah, Mei Purweni, Asep Purwo, Yudi Utomo, DidiPramono, and Pendidikan Bahasa. 2023. “Analisis Kalimat Fakta Dan Opini Dalam Teks Artikel Pada Buku IPS Kelas X SMA Kurikulum Merdeka.” JUPENDIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 1(2):157–72.

Rahadian, Dian. 2017. “Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dan Kompetensi Teknologi Pembelajaran Untuk Pengajaran Yang Berkualitas.” Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 2(1):234–54.

Risda. 2019. “Kemampuan Menentukan Fakta Dan Opini Pada Teks Berita Siswa Kelas Xii Sma Negeri 1 Sigi Biromaru.” Jurnal Bahasa Dan Sastra 4(2):60–71.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhamnad Farihin Abdul Fatah, Ikhfani Ardan Fadiana Putra, Welda Ferdian Aldofa, Nia Pria Kurniasari, Jingga Vicy Wijayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.