Penerapan Model Problem Base Learning (PBL) dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di SDN Beran 4 Ngawi

Seinditya Arismawati, Darmadi Darmadi, Lis Yanthi Nurhayati, Endah Widiyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah pengaplikasian pembelajaran dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. siklus petama menggunakan penerapan model Problem Base Learning dan pada siklus kedua menggunakan model Problem Base Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitataif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes diagnostic gaya belajar dan juga post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model Problem Base Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching dapat meningkatakan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di SDN Beran 4 Ngawi.

Keywords


Pendekatan CRT; Hasil Belajar; Problem Base Learning

Full Text:

PDF

References


Febriyanti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai , 5(1), 1631–1638.

Narimo, S., Sutama, S., & Novitasari, M. (2019). Pembentukan Karakter Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Budaya Lokal. Jurnal VARIDIKA, 31(1), 39–44. https://doi.org/10.23917/varidika.v1i1.8902

Sari, D. P., Rachmadyanti, P., & Alfiyah, U. (2024). ANALISIS CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING FOR MEANINGFULL LEARNING DI SD NEGERI PEPELEGI II SIDOARJO. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 1792–1803.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seinditya Arismawati, Darmadi Darmadi, Lis Yanthi Nurhayati, Endah Widiyowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.