Penerapan Model Pbl Berbasis Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas 4 Di Sd Negeri Terung Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan

Juniar Eka Damayanti

Abstract


Penelitian ini diarahkan untuk meningkatkan capaian pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kalangan siswa kelas 4 SD Negeri Terung melalui implementasi model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dengan penggunaan buku pop-up. Metodologi yang dipilih adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terbagi dalam dua siklus yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan wawancara. Temuan penelitian menandakan adanya peningkatan signifikan dalam prestasi belajar siswa, dimana 68,1% siswa menunjukkan kemajuan pada trimester pertama pasca-implementasi model, dan nilai rata-rata meningkat menjadi 76,8%. Efektivitas buku pop-up dalam merangsang minat dan motivasi belajar serta dalam memudahkan pemahaman konsep-konsep kompleks juga terbukti. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa model PBL yang menggunakan buku pop-up merupakan metode yang efektif untuk memperbaiki hasil belajar IPAS pada siswa kelas 4, sehingga direkomendasikan kepada guru-guru untuk mengadopsi buku pop-up sebagai media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.


Keywords


Model Problem-Based Learning (PBL); media pop-up book; hasil belajar; Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS); siswa kelas 4; SD Negeri Terung; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Adan, S. I. A. (2023). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2).

Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5).

ALVIOLITA, N. W., & HUDA, M. (2019). MEDIA POP UP BOOK DALAM PEMBELAJARAN BERCERITA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.30659/j.7.1.49-57

Amalia, F., Anggayudha, R. A., & Aldilla, K. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD kelas V. In Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Buku Siswa.

Andriani, R. (2022). Penggunaan Media Pop-Up Book Untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Iii Mima 30 Bustanul Ulum Tegalsari Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate Thesis, Uin Kh Achmad Siddiq Jember.

ARUMSARI, D. M. (2023). ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.51878/learning.v3i1.2118

Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3).

Burhana, A., Octavianti, D., Anggraheni, L. M. R., Ashariyanti, N. D., & Mardani, P. A. A. (2021). Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Cara Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4(2).

Dzuanda. (2009). Perancangan Buku Cerita Anak Pop-Up Tokoh-tokoh Wayang Berseri, Seri “Gatotkaca.” Jurnal Ilmiah.

Erlinda Hutapea. (2022). HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE MEMBACA SEARCH, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2). https://doi.org/10.32696/jip.v2i2.1077

Fitri, A., Rasa A, A., & Kusumawardhani, A. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. In Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Buku Siswa.

Fitriyanti, F., F, F., & Zikri, A. (2020). Peningkatan Sikap dan Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa Melalui Model PBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.376

Hasan, H. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Contextual Teaching and Learning pada Era New Normal. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4).

Hasanah, N., Sembiring, M., Khairina, A., Dina, R., & Wirevenska, I. (2022). Sosialisasi kurikulum merdeka merdeka belajar untuk meningkatkan pengetahuan para guru di SD Swasta Muhamaddiyah 04 Binjai. RUANG CENDEKIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3).

Ilyas, M., & Armizi, A. (2020). Metode Mengajar dalam Pendidikan Menurut Nur Uhbiyati dan E. Mulyasa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02). https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.244

Jannah, S. R. (2022). PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK: PERSPEKTIF DOMAIN PENDIDIKAN BENJAMIN S. BLOOM. Jurnal Pendidikan Kreatif, 3(1). https://doi.org/10.24252/jpk.v3i1.31624

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2). https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Univrsitas Pendidikan Ganesha, 6(2).

Mazidah, N. R., & Sartika, S. B. (2023). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SDN Grabagan. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3192

Nariswari, R. S. (2018). Pengembangan Media Buku Pop-Up Untuk Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Klaten. Bitkom Research, 63(2).

Nengsi, R. (2021). Pengembangan Media Pop up book Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Ipa Tema Lingkungan …. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Juniar Eka Damayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.