Internalisasi Civic Virtue Berbasis Seni Pencak Silat Di SMPN 1 Jiwan Kab. Madiun

Anissa Wika Alzana, Budiono Budiono, Maya Kartika Sari

Abstract


Indonesia  merupakan negara yang luas, memiliki potensi sumber daya manusia, sumber daya alam, dan budaya yang melimpah. Diperlukan SDM yang unggul untuk mengelola segala potensi yang dimiliki oleh bangsa  Indonesia . Membentuk SDM yang cerdas dan berkarakter dapat dilakukan melalui pendidikan. Penguatan nilai kebajikan pada peserta peserta didik merupakan upaya yang dapat dilakukan pemerintah untuk mencapai tujuan nasional. Pendidikan dapat dilakukan didalam kegiatan pembelajaran dan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Peneliti melakukan penelitian di SMPN 1 Jiwan  dengan tujuan untuk menganalisis civic virtue  dalam kegiatan ekstrakurikuler pencak silat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisa data dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam ajaran pencak silat mengandung nilai karakter kewarganegaraan (civic virtue) yaitu warga negara yang cerdas dan berkarakter serta nilai civic skills yang ada dalam budaya dan nilai-nilai kearifan lokal seni pencak silat.


Keywords


Civic virtue ; Pencak Silat; Nilai Moral

Full Text:

PDF

References


Arisandi, N. P., Halimah, L., Heryani, H., Hidayah, Y., & Sujastika, I. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter pada Kesenian Pencak Silat. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(5), 921–938.

Aristono, T. (2022). Pengembangan Kampung Pesilat sebagai City Branding (Studi Kualitatif Basic Interpretative di Kabupaten Madiun ).

Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Pamator Journal, 13(1), 50–56. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6912

Dhiba, P. F., Nugraha, N., & Mustikarini, I. D. (2021). Persepsi Pemuda Terhadap Pelaku Civic virtue di Desa Bangsalan. Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 1(1), 15–20.

Ediyono, S., & Widodo, S. T. (2019). Memahami Makna Seni Dalam Pencak Silat. Panggung, 29(3).

Fadilah, M. P., Alim, W. S., Zumrudiana, A., Lestari, I. W., Baidawi, A., Elisanti, A. D., & KM, S. (2021). Pendidikan Karakter. Agrapana Media.

Furqan, M. H., Yanti, S., Azis, D., Kamza, M., & Ruslan, R. (2020). Analisis Konten Nilai Cinta Tanah Air (Nasionalisme) dalam Materi Mata Pelajaran Kurikulum Geografi. Jurnal Serambi Ilmu, 21(1), 48–63.

Hadisaputra, P. (2020). Implementasi Pendidikan Toleransi di Indonesia . Dialog, 43(1), 75–88.

Mubaroq, N. M. A., & Fatchurrahman, F. (2023). Pendidikan Karakter Disiplin dan Toleransi Melalui Pencak Silat Pagar Nusa Siswa Kelas VIII MTS Mambaul Hisan Tempuran Magelang. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4(3), 239–250.

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Muis, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci Putra Muhammadiyah Di Sd Muhammmadiyah 1 Menganti Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(12), 1–11.

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.

Muslich, M. (2022). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara.

Putirulan, Y., Tutuarima, F., & Hatala, R. (2022). Penerapan Pembelajaran PKn dalam Upaya Pembentukan Civic virtue di SMAN 10 Seram Bagian Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9223–9227.

Ruswinarsih, S., Apriati, Y., & Malihah, E. (2023). Penguatan Karakter Melalui Seni Bela Diri Pencak Silat Kuntau Pada Masyarakat Kalimantan Selatan, Indonesia . PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 5(01), 50–62.

Salsabila, O. G., Maulana, N., Syahputra, M. R., Hasanah, M., & Hudi, I. (2024). Pendidikan kewarganegaraan pada generasi alpha sebagai upaya membangun kesadaran kewarganegaraan yang berkualitas. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(3), 210–220.

Ulfah, N., Hidayah, Y., & Trihastuti, M. (2021). URGENSI ETIKA DEMOKRASI DI ERA GLOBAL: MEMBANGUN ETIKA DALAM MENGEMUKAKAN PENDAPAT BAGI MASYARAKAT AKADEMIS MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2).

Wahyuni, E., Nugraha, N., & Sari, S. D. (2021). Internalisasi Karakter Tanggungjawab Melalui Ekstrakurikuler Persaudaraan Setia Hati Terate. Rhizome: Jurnal Kajian Ilmu Humaniora, 1(1), 13–18.

Wayan, I., Santika, E., Studi, P., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. IVCEJ, 1.

Yunanto, F., Kasanova, R., Syaiful, S., Rudiyanto, M., Anam, S., & Hasbullah, H. (2022). Pelatihan Pendidikan Karakter bagi Pelatih Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate “PSHT” Cabang Pamekasan. Batara Wisnu: Indonesia n Journal of Community Services, 2(2), 201–208.

Yuniarto, Y. J. W., Krismawanto, A. H., & Setiyaningtiyas, N. (2023). Merefleksikan Kembali Toleransi bagi Kebersamaan yang Pluralistik Antar Manusia. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(2), 397–411.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anissa Wika Alzana, Budiono Budiono, Maya Kartika Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.